free webpage hit counter
Travel

Wisata Kuliner Bandung – Ini Dia Aneka Makanan Terkenal di Bandung

batagor bandung

Artikel Pilihan

Makanan terkenal di Bandung di dominasi dengan makanan tradisional yang sudah dikenal orang banyak dan merakyat, seperti peuyeum, oncom, comro, gehu, dan batagor. Bahan dasar yang digunakan berasal dari home industri khas Bandung

Peuyeum

Peuyem berbahan dasar ketela pohon (singkong) yang diberi ragi. Peuyem ini sebenarnya varian tape. Hanya saja pertumbuhan ragi atau kapang bersifat domestik lokal setempat, sehingga hasilnya tampak kering. Kalau tape itu sendiri biasanya basah dan lembek.

peuyeum

Oncom

Oncom berbahan dasar ampas tahu (bungkil) dan kedelai. Ada juga oncom yang berbahan dasar bungkil kacang tanah dan ampas tapioka. Semua bahan dasar tersebut adalah limbah.

oncom bandung

Bahan dasar tersebut diberi ragi sehingga terjadi proses fermentasi seperti halnya ketika proses pembuatan tempe. Proses perkembangbiakan kapang ini hingga terbentuk spora sehingga berwarna merah-orange atau hitam. Oncom ini bisa diolah jadi berragam penganan seperti keripik oncom, oseng-oseng, bahkan pizza.

Comro

Kuliner Bandung yang terkenal merakyat lainnya, yakni comro (oncom di jero yang artinya ada oncom di dalam makanan tersebut). Penganan ini banyak dijajakan oleh pedagang gorengan di sepanjang pinggir jalan. Bahan dasarnya terdiri dari ketela pohon (singkong) dan oncom. Ubi singkong diparut dan dibentuk jadi bulat telur. Bagian tengah diberi oncom yang dihancurkan dan diberi bumbu.

comro

Bulatan yang sudah terisi oncom tersebut digoreng. Jadilah comro. Rasa bumbu sesuai selera seperti asin, gurih, asin-manis, dan pedas. Pada umumnya, orang-orang menyukai comro yang rasanya asin-pedas.

Gehu

Gehu adalah tahu yang diisi dengan taoge. Penganan gorengan yang nikmat disantap saat hangat atau panas. Penganan ini sudah akrab disantap saat menjamu tamu. Campuran tauge, tepung terigu, irisan wortel, dan irisan daun sawi yang dibumbui dengan garam dan bawang putih. Campuran tauge ini dimasukkan ke dalam tahu.

Gehu

Setelah itu, tahu dicelupkan ke dalam tepung terigu encer dan langsung digoreng. Rasanya gurih, kres-kres saat mengigit tauge dan irisan wortel. Penganan yang lezat disantap saat bersantai nonton TV atau duduk-duduk santai di taman kota.

Batagor

Batagor singkatan dari bakso tahu goreng. Selintas, makanan ini seperti makanan ala China. Ada sedikit benarnya, karena penganan ini diadaptasi dari makanan ala Tionghoa-Indonesia. Makanan ini mudah menyebar ke seluruh Indonesia. Bahan dasar batagor dari tahu. Sedangkan adonan untuk isian tahu dari tepung tapioka dicampur ikan tenggiri. Tahu yang sudah berisi adonan lalu digoreng. Bumbunya terbuat dari kacang tanah seperti bumbu pecel. Saat kita menyantap batagor, tambahkan sedikit kecap manis dan perasan jeruk nipis agar lebih nikmat.

batagor bandung

Bagaimana Pendapatmu ?
W3.CSS

Berita Trending Pilihan

Loading...

About the author

izmirazi

Leave a Comment

>