free webpage hit counter
Kesehatan

Tujuan Pemberian Imunisasi Bagi Anak

Artikel Pilihan

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyarankan, bayi dan anak perlu diberi imunisasi atau vaksinasi dasar lengkap sehingga mereka bisa terlindung dari berbagai penyakit berbahaya. Selain itu, imunisasi juga bisa mencegah penularan penyakit ke adik, kakak, atau teman-teman di sekitar mereka.

Imunisasi diberikan dengan cara menyuntikkan atau meneteskan ke tubuh bayi dan anak.  Tujuan pemberian imunisasi bagi anak adalah : 
1. Membentuk kekebalan demi mencegah penyakit pada diri sendiri dan orang lain sehingga kejadian penyakit menular menurun dan bahkan dapat menghilang dari muka bumi. Kekebalan dapat disalurkan oleh ibu ke bayi yang dikandung tetapi tidak berlangsung lama, maka kekebalan harus dibentuk melalui pemberian imunisasi pada bayi.

2. Upaya pencegahan melalui vaksinasi telah dilakukan sejak lima abad yang lalu.

Tujuan imunisasi bagi anak

3. Untuk membuat vaksin yang aman dan berkhasiat jangka panjang, diperlukan suatu rangkaian penelitian yang cukup lama dan berhati-hati. Maka perlu disyukuri bahwa para ahli selalu berusaha mencari vaksin yang terbaik untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di seluruh dunia.

4. Untuk menjaga mutu, vaksin disimpan dan didistribusikan dalam suhu 2o – 8o C sebelum digunakan (cold-chain atau rantai dingin). Selanjutnya cara pemberian vaksin yang benar diperlukan untuk mendapatkan kadar kekebalan yang tinggi dalam jangka panjang. Serta mengurangi efek samping.

5. Berbagai penyakit infeksi berat yang dapat menyebabkan kematian dan kecacatan bisa dicegah dengan pemberian imunisasi.
Saat pemberian imunisasi yang paling tepat adalah sebelum anak terpapar penyakit berbahaya.

Bagaimana Pendapatmu ?
W3.CSS

Berita Trending Pilihan

Loading...

About the author

izmirazi

Leave a Comment

>