free webpage hit counter
Tips-Tips

Tips Menjaga Kesehatan di Kantor

Tips Menjaga Kesehatan di Kantor

Artikel Pilihan

Kesehatan selalu menjadi topik yang hangat untuk dibicarakan. Termasuk cara menjaga kesehatan selama berada di kantor. Sebab kesehatan yang prima penting untuk mempertahankan kinerja kerja yang baik dan produktif.

Nah, berikut beberapa  tips bagaimana menjaga kesehatan di kantor : 

1. Duduk dengan posisi yang baik dan benar

Jangan anggap remeh posisi duduk. Sebab bagi kita yang bekerja kantoran, sebagian besar waktu mungkin dihabiskan untuk duduk.

Nah, posisi duduk ini amat berpengaruh terhadap kenyamanan kerja. Oleh sebab itu, kita perlu duduk dengan posisi yang tepat. Bagaimana caranya?

Pastikan tinggi kursi dan meja sesuai dengan lengan penggunanya. Ketika kita duduk lurus dengan kaki rata di lantai, lengah harus berada pada sudut 90 derajat ketika mengetik di komputer. Artinya, tinggi kursi dan meja masing-masing orang bisa berbeda-beda.

2. Letakkan tanaman di ruang kerja

Tanaman sebenarnya tak hanya menghasilkan oksigen saja. Menurut penelitian dari NASA Space Administration AS, tanaman hidup terbukti dapat mengusir polusi.

Nah, menghadirkan tanaman di ruang kerja, bisa memberikan efek yang sama dengan berlibur ke tempat rindang dan sejuk. Efek dari tanaman ini bisa membuat kita jadi lebih segar dan rileks. Bahkan, tanaman ini juga bisa loh meminimalkan kelelahan, stres, dan sakit kepala. Hebat, bukan?

3. Dapatkan cahaya matahari

Jangan sampai ruang kerja Anda tak mendapatkan akses cahaya matahari. Sebab pencahayaan langsung sinar matahari terbutki bisa meningkatkan produktivitas kerja. Tak hanya itu saja, ia juga bisa mengurangi kelelahan dan stres.

Hebatnya lagi, sinar matahari juga bisa loh untuk meningkatkan mood kerja dan menghambat penuaan retina.

4. Jaga kebersihan

Tak bisa disanggah lagi kalau tempat kerja yang bersih dan rapi dapat membuat pikiran jadi jernih. Kalau sudah begitu, stres pun enggan datang.

Nah, ruangan, meja kerja, dan pendingin ruangan (AC) yang jarang dibersihkan bisa menyebabkan pelbagai penyakit. Legionellosis, misalnya.

Penyakit ini merupakan radang paru-paru yang disebabkan kuman Legionella pneumophila. Biasanya, kuman ini bisa berkembang biak pada sistem pendingin AC sentral.

Ambilah beberapa waktu untuk menjernihkan pikiran Anda. Mengambil jeda saat bekerja merupakan hal penting. Sama pentingnya dengan bekerja.

Kok gitu? Meski sejenak, istirahat (setidaknya dua kali dalam sehari) dengan mengalihkan diri ke hal di luar pekerjaan, dapat mengisi kembali energi kita.

Sederhana saja caranya. Beranjaklah dari kursi dan keluar ruangan setidaknya selama 10 menit. Hal ini bisa memulihkan diri kita dari ketegangan pekerjaan.

Akan lebih baik lagi bila diselingi dengan mengambil napas dalam-dalam. Mudah, bukan?

Bagaimana Pendapatmu ?
W3.CSS

Berita Trending Pilihan

Loading...

About the author

izmirazi

Leave a Comment

>