free webpage hit counter
Technology Tips-Tips

Tips Cara Mengunci Smartphone Tanpa Menekan Tombol Power

cara mengunci smartphone tanpa menekan tombol power

Artikel Pilihan

Menurut penelitian terbaru, pengguna smartphone bisa menyalakan layar lebih dari 180 kali sehari untuk mengecek notifikasi. Tentunya hal ini bisa menyebabkan tombol Power cepat rusak, apalagi jika smartphone sudah termakan oleh umur.

Buat kamu yang tidak ingin tombol power ponsel cepat aus atau memang fungsinya sudah mulai terganggu, kadang bisa dan kadang enggak. Tentunya hal ini akan sangat merepotkan, mengingat setiap hari kita mengandalkan tombol Power.

Nah, Sebenarnya ada cara lain untuk mengunci smartphone tanpa menekan tombol Power, yakni menggunakan aplikasi. Dlansir dari DroidViews, berikut dua tips cara mengunci smartphone kamu tanpa menekan tombol power.

1. Gravity Screen – Mengunci Smartphone Secara Otomatis

Aplikasi Gravity Screen cukup mengagumkan lho, aplikasi ini memanfaatkan sensor yang ada pada smartphone. Dimana mampu mendeteksi kamu sedang menggunakan smartphone atau tidak melalui gravitasi. Jadi ketika smartphone diletakkan ke saku celana atau di meja, layar akan otomatis mati dan ketika kamu memegangnya layar akan kembali nyala. Keren kan?

Aplikasi ini akan bekerja sepanjang waktu tapi untuk akurasinya sendiri dapat bervariasi dari perangkat ke perangkat. Saat Jaka coba di ASUS Zenfone Max, aplikasi Gravity Screen dapat bekerja dengan baik, masalahnya mungkin sedikit menguras baterai tapi tak apa juga jika memang berguna. Jadi kamu enggak perlu lagi bergantung pada tombol Power, karena layar smartphone kamu akan otomatis mati nyala.

2. Volume Unlock Power Button Fix – Mengunci Smartphone dengan Tombol Volume

Alternatif kedua untuk mengurangi penggunaan tombol Power adalah dengan memanfaatkan tombol volume untuk mengunci dan menghidupkan layar smartphone. Tenang saja, aplikasi Volume Unlock Power Button Fix dapat digunakan meskipun smartphone kamu tidak di-root.

Setelah kamu install aplikasinya, jangan lupa berikan akses ke Device Administration. Memberikan akses diperlukan jika tidak, aplikasi tidak akan berfungsi. Buka aplikasi dan aktifkan “Enable Volume Unlock” untuk membangunkan layar menggunakan tombol volume up dan down. Sementara, fitur “Screen Off” memungkinkan kamu mengunci layar ponsel melalui jendela notifikasi.

Selain itu, pada pengaturan aplikasi terdapat pula fitur auto start on boot dan auto on/off, kamu bisa mengatur interval waktu kapan aplikasi bekerja. Misalnya, kamu mengatur dari jam 6:00-16:00 dan aplikasi ini akan berfungsi hanya dalam waktu yang kamu tentukan. Di atas jam 16.00, aplikasi Volume Unlock Power Button Fix tidak akan berfungsi.

Itulah dua cara alternatif untuk mengunci smartphone tanpa menyentuh tombol Power. Tentunya sangat berguna, jika tombol Power ponsel kamu rusak atau bermasalah.

Bagaimana Pendapatmu ?
W3.CSS

Berita Trending Pilihan

Loading...

About the author

izmirazi

Leave a Comment

>