free webpage hit counter
Miscellaneous

Syarat Meminjam Uang Di Bank Tanpa Jaminan

Syarat Meminjam Uang Di Bank Tanpa Jaminan

Artikel Pilihan

Bagaimana cara pinjam uang di Bank tanpa jaminan, padahal rata-rata Bank pasti meminta jaminan setiap kali nasabah ingin meminjam.

Bagi Anda yang mau buka usaha tapi tidak punya modal? Wah, jangan putus asa dulu ya. Salah satu cara mendapatkan modal usaha adalah dengan cara meminjamnya dari bank. Lalu bagaimana cara pinjam uang di bank bila Anda tidak punya aset untuk dijaminkan?

Ada beberapa cara pinjam uang di bank tanpa jaminan yang bisa kita lakukan, salah satunya adalah dengan mengajukan KTA atau biasa dikenal Kredit Tanpa Agunan.

Syarat Mengajukan Pinjaman Uang di Bank Tanpa Jaminan

1. Punya Kartu Kredit

Hal paling umum yang ditanyakan saat mengajukan KTA (Kredit Tanpa Agunan) yaitu kartu kredit. Bank-bank besar kerap mengukur kemampuan calon peminjam melalui plafon kartu kredit. Nominalnya bisa bervariasi, disesuaikan dengan bank dan besar pinjamannya.

Misalnya mau pinjam sebesar Rp10 juta di bank BNI, maka minimal plafon kartu kredit yang dimiliki adalah Rp5 juta. Selain syarat ini, batas minimal kepemilikan juga ditentukan. Misalnya 1 tahun, tergantung dari kebijakan bank yang dituju.

Baca Juga : Jenis-Jenis Pinjaman Bank Syariah Mandiri Yang Perlu Diketahui

Selanjutnya, pihak bank akan mengukur kemampuan calon peminjam dengan melihat tunggakan tagihannya. Kalau sering menunggak terus mengajukan pinjaman yang besar, tentu saja bakal ditolak mentah-mentah oleh pihak bank.

Beberapa hal yang perlu disiapkan untuk pengajuan KTA adalah sebagai berikut:

  • Karyawan: copy KTP/KITAS, bukti penghasilan (SKP/SPT/Slip gaji), copy katu kredit dan NPWP
  • Wiraswasta: Copy KTP, copy kartu kredit, copy rekening tabungan 3 bulan terkahir, NPWP dan copy SIUP/TDP atau akta pendirian.
  • Profesional: Copy KTP/Kitas, bukti penghasilan, copy kartu kredit, surat ijin profesi dan NPWP

Bagaimana Cara Pinjam Uang di Bank Tanpa Jaminan dan Kartu Kredit?

Mengutip dari situs Cermati, sebenarnya meminjam uang ke bank tanpa agunan dan kartu kredit pun juga masih mungkin dilakukan. Persyaratannya sama saja seperti KTA biasa, hanya saja suku bunga yang ditawarkan lebih tinggi.

Makanya pinjaman jenis ini sangat cocok bagi yang butuh pinjaman jangka pendek. Persyaratannya juga mudah dan tidak berbelit-belit, sehingga dana cepat cair.

  • Jika Anda tidak punya kartu kredit dan ingin mengajukan Kredit Tanpa Agunan, maka Anda harus memenuhi syarat berikut ini:
  • Punya penghasilan bulanan yang sesuai dengan produk KTA tanpa kartu kredit yang diajukan. Misalnya, penghasilan minimum Rp6 juta per bulan
  • Usia pemohon kredit harus di atas 21 tahun
  • Usia pemohon kredit di bawah 55 – 60 tahun pada saat pelunasan pinjaman

Hal yang perlu disiapkan untuk pengajuan KTA tanpa kartu kredit:

  • Karyawan: copy KTP/KITAS, bukti penghasilan (SKP/SPT/Slip gaji), copy katu kredit dan NPWP
  • Wiraswasta: Copy KTP, copy kartu kredit, copy rekening tabungan 3 bulan terkahir, NPWP dan copy SIUP/TDP atau akta pendirian.
  • Profesional: Copy KTP/Kitas, bukti penghasilan, copy kartu kredit, surat ijin profesi dan NPWP

Apa Saja yang Wajib Diperhatikan Sebelum Mengambil Produk KTA?

Pinjam uang ke bank ibaratnya seperti bala bantuan kilat. Tapi hati-hati, ini bisa jadi jebakan batman yang berakibat buruk pada finansial kalau tidak dipertimbangkan dengan baik.

1. Pahami Reputasi Bank

Meskipun cara pinjam uang di bank tanpa agunan terbilang cukup mudah, coba perhatikan dulu reputasinya. Cermati track record bank dan pilih fitur-fitur yang cocok dengan keuangan pribadi supaya kesehatan pembayaran tidak terganggu. Coba cari informasi ini di berbagai situs pembanding dan hubungi langsung via customer service bank untuk penjelasan lebih detail.

Selain itu, bandingkan pula suku bunganya. Kelemahan KTA ini adalah suku bunga yang tinggi karena tidak ada penjamin sehingga bebannya menjadi lebih tinggi. Manfaatkan layanan online untuk menggali informasi ini.

2. Tentukan Nilai Pinjaman

Ini yang paling krusial. Pihak bank sudah pasti akan menerka-nerka apakah Anda mampu mengambil pinjaman dengan nominal tertentu. Makanya balik lagi ke aturan syarat dokumen tadi; kartu kredit, slip gaji dan buku tabungan. Tiga faktor ini sangat penting untuk dijadikan acuan.

Sebaiknya berpikir selektif sebelum memutuskan mengajukan KTA. Kalau untuk kebutuhan konsumtif misalnya beli mobil atau beli rumah, lihat dulu kemampuan finansialnya. Namun kalau ini untuk investasi dipastikan akan bermanfaat besar.

Ukur jumlah yang realistis dan sesuai kemampuan. Realistis di sini berarti berapa lama jangka waktu melunasi hutang dan seberapa sanggup keuangan peminjam bila digabungkan dengan suku bunga.

Baca Juga : Peluang Bisnis Baru , Bisnis Antar Jemput Anak Sekolah

3. Perhatikan Biaya Tambahan Lainnya

Ini yang biasanya orang kecolongan. Mentang-mentang cara pinjam uang di bank sangat mudah dan cepat, beberapa hal kecil diabaikan. Akhirnya berat di belakang.

Perlu diketahui bahwa ada biaya tambahan yang wajib diperhatikan seperti asuransi, pinjaman, biaya keterlambatan, biaya pelunasan dipercepat dan biaya provisi. Meskipun tidak masuk dalam satu kasus sekaligus, ada baiknya juga dipertimbangkan.

4. Jujur dan Jangan Palsukan Data

Ada beberapa nasabah saking butuhnya melakukan segala cara supaya bisa mendapat verivikasi. Nah ini yang dilarang. Cobalah bersikap jujur dan jangan berlebihan. Bila terjadi pemalsuan informasi apa lagi identitas, bisa-bisa Anda masuk penjara. Ini demi kesehatan pembayaran hutang di waktu mendatang.

Nah, Sekarang Anda tahu bagaimana cara pinjam uang di Bank tanpa jaminan, yaitu dengan memenuhi syarat-syarat yang cukup mudah. Nah, tidak bingung lagi kan misal ingin pinjam dana cepat tanpa harus khawatir. KTA bisa jadi solusi paling aman namun beresiko.

Bagaimana Pendapatmu ?
W3.CSS

Berita Trending Pilihan

Loading...

About the author

izmirazi

Leave a Comment

>