free webpage hit counter
Technology

Solar Paper, Charger Tertipis dan Teringan di Dunia Berdaya Matahari

Solar Paper

Artikel Pilihan

Biasanya kita sering membawa power bank ketika bepergian jauh. Sebelum berangkat pagi, tentunya anda ngecas gagdget dan power bank anda untuk bepergian besok. Biasanya ukuran powerbank yang agak berat, memiliki kapastitas penyimpanan baterai yang cukup tinggi. Namun jika power bank sering digunakan dan pemakaian, tentunya lama kelamaan akan habis juga. Selain itu, dengan ukurannya yang cukup besar juga akan memakan ruang di tas anda.

Solar Paper

Oleh karena itu, ada satu alat yang cukup canggih yang memiliki kemampuan seperti powerbank. Alat ini tidak perlu melakukan pengecasan sebelumnya. Alat ini dikembangkan oleh perusaahaan asal Amerika Serikat, Yolk. Yolk merupakan perusahaan startup teknologi yang mengembangkan charger super tipis dan teringan di dunia yang bernama Solar Paper.

Solar Paper menggunakan sinar matahari untuk menghasilkan tenaga listrik. Solar paper digunakan untuk perangkat gadget seperti smartphone, kamera, powerbank dan perangkat elektronik portable lainnya. Satu panel solar paper setara dengan daya 2,5 watt, tegangan 5V dan arus 500mA. Solar Paper ini dapat digabungkan menjadi 4 panel sekaligus.Jika digabungkan sekaligus empat, maka akan menghasilkan  daya 10 Watt, tegangan 5 V, dan arus 2 A.

Produk ini dirancang oleh Desainer asal Korea, Sung Un Chang. Produk ini awalnya dikembangkan melalui pada sebuah kampanye di Kickstarter dan mendapatkan respon yang positif. Proyek ini mendapat dukungan dana hingga $1,021,583, melebihi dari targetnya,USD50.000.

Solar Paper ini cukup menarik, karena panel-panelnya terbuat dari bahan yang tahan air. Dari hasil simulasi, Chang menyebutkan bahwa charger ini dapat mengisi  iPhone 6 dalam waktu dua jam jika matahari bersinar terang. Namun jika kurang cahaya matahari, maka membutuhkan waktu hingga 5 jam. Sementara iPad membutuhkan waktu 4,5 jam di bawah pencahayaan terang dan 9 jam pada pencahayaan redup.

Bagi anda yang tertarik untuk memiliki Solar Paper ini, anda bisa berpartisipasi sebelum peluncuran resminya di situs Kickstarter minimal US$ 89 . Anda akan mendapatkan 2 panel Solar Paper dengan daya 5 watt.

Solar Paper dapat melakukan pengecasan di pesawat

Bagaimana Pendapatmu ?
W3.CSS

Berita Trending Pilihan

Loading...

About the author

izmirazi

Leave a Comment

>