free webpage hit counter
Miscellaneous Technology

Penggunaan Meta Tag Robots dan Jenisnya

penggunaan meta tag robots

Artikel Pilihan

Penggunaan Meta Tag Robots pada suatu blog atau website tidak kalah penting dengan penggunaan meta tag lainnya. Penggunaan Meta Tag Robots dan jenisnya berfungsi agar mesin pencari tahu apakah blog atau website itu harus ditelusuri atau tidak sesuai dengan izin pemilk blog atau website. Mesin pencari seperti Google telah menerapkan fitur tambahan agar mesin pencari Google dengan mudah menelusuri blog atau website kita. Ada kondisi dimana Meta Tag robots digunakan tergantung admin dari blog atau website apakah memberikan izin bagi mesin pencari untuk menelusuri atau tidak. Nah, jadi kita bisa tarik kesimpulan bahwa tujuan penggunaan Meta Tag Robot ini adalah untuk menentukan pada bagian mana website atau blog kita di index oleh mesin pencari atau tidak di index. Nah, bagi pihak yang membangun website independen, penggunaan Tag ini penting karena ingin menentukan mana yang akan diindex oleh mesin pencari atau tidak.

Karena Meta Tag Robots memiliki nilai atau value, tentunya kita harus tahu apa maksud dari value tersebut. Penggunaan meta tag robots dan jensinya harus dikuasai oleh setiap blogger atau developer website dan ini penting agar blog atau website kita bisa di index mesin pencari tidak hanya Google, namun juga Yahoo,MSN/Live dan Ask

<meta name=”robots” content=” <value> “>

Meta Tag Robots memiliki value yang tentunya memiliki perbedaan dan arti. Sehingga robot mesin pencari bisa membedakan kondisi dimana ketika kapan suatu website ditelusuri.  Biar tidak bingung, berikut saya akan kasih penjelasan penggunaan meta tag robots dan jenisnya, value yang berbeda memiliki maksud yang berbeda bagi mesin pencari.

  1. index : Value ini memungkinkan agar mesin pencari mengindeks seluruh halaman anda karena secara default, nilainya itu.
  2. noindex : Value ini melarang semua mesin pencari untuk mengindeks halaman blog atau website anda.
  3. noimageindex : value ini melarang mesin pencari untuk mengindeks gambar atau foto pada halaman blog atau website anda
  4. none : Value ini merupakan cara mudah untuk melarang mesin pencari melakukan apapun untuk menelusuri blog atau halaman anda. Dengan kata lain, mesin pencari tidak akan menyentuh website atau blog anda.
  5. follow : Value ini memberi izin pada mesin pencari untuk mengikuti link pada halaman blog anda, walaupun link tersebut dapat diindeks atau tidak
  6. nofollow : Value ini memberitahu mesin pencari untuk tidak mengikuti link apapun di dalam halaman blog atau website anda.
  7. noarchive : Value ini mencegah mesin pencari untuk menampilkan cache dari halaman ini.
  8. nocahe : Value ini mirip seperti noarchive, tetapi hanya digunakan untuk mesin pencari MSN/Live.
  9. nosnippet : Value ini mencegah mesin pencari untuk menampilkan potongan halaman di deskripsi dan mencegah caching halaman
  10. noodp : Value ini mencegah mesin pencari agar tidak terindeks di Open Directory Project (ODP) seperti DMOZ.
  11. noydir : Value ini mencegah mesin pencari Yahoo agar tidak terindeks di Yahoo Directory.

Dari jenis value diatas, mungkin anda sudah memahami apa saja jenis-jenis value yang bekerja pada Search Engine atau mesin pencari.

Bagaimana Pendapatmu ?
W3.CSS

Berita Trending Pilihan

Loading...

About the author

izmirazi

Leave a Comment

>