free webpage hit counter
Jasa dan Bisnis

Modal Awal Bisnis Apotek

Modal Awal Bisnis Apotek

Artikel Pilihan

Bicara soal modal awal membuka bisnis apotek, maka bagi Anda yang tertarik untuk terjun dalam bisnis obat-obatan tentu harus mengetahui serta memiliki modal-modal tersebut. Tidak dapat dipungkiri memang bahwa bisnis apotek sendiri merupakan salah satu segmen bisnis yang prospektif dan menjanjikan.

Hal tersebut karena beragam obat-obatan sendiri akan selalu dibutuhkan oleh hampir setiap kalangan individu pada umumnya. Maka dari itulah pangsa pasarnya sendiri masih terhitung sangat konsumtif dan tersedia luas di berbagai daerah. Sehingga tak heran jika bisnis apotek diperhitungkan sebagai salah satu segmen bisnis yang menjanjikan.

 Modal Awal Bisnis Apotek

Tidak berbeda jauh dari berbagai macam segmen bisnis lainnya, dalam bisnis apotek juga diketahui banyak hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah modal yang dibutuhkan untuk mendirikan apotek atau toko obat tersebut. Tidak hanya modal berupa finansial, akan tetapi dibutuhkan juga beragam modal lainnya disamping modal finansial.

Tips Modal Awal Membuka Bisnis Apotek

Lalu modal apa saja yang dibutuhkan untuk mendirikan sebuah bisnis apotek? Untuk Anda yang ingin menambah wawasan atau memang tertarik dengan segmen bisnis ini, maka inilah modal awal membuka apotek yang dapat kita perhatikan bersama.

1. Modal Finansial

Tidak dapat dipungkiri memang bahwa modal finansial juga merupakan modal utama yang dibutuhkan saat seseorang akan mendirikan sebuah bisnis. Jika tidak ada modal finansial maka sudah tentu sebuah bisnis akan lebih sulit untuk dibangun. Karena modal finansial ini pada nantinya akan dialokasikan untuk berbagai kebutuhan dalam bisnis tersebut. Tidak terkecuali pada bisnis apotek ini.

2. Modal Tetap

Selain modal finansial, ada juga modal lain yang dibutuhkan antara lain seperti berbagai macam perlengkapan hingga bangunan untuk menjalankan usaha. Modal tersebut masuk pada kategori modal tetap karena tidak akan berubah dan akan selalu dibutuhkan sepanjang bisnis yang dijalankan masih beroperasi. Begitupun dengan bisnis seperti apotek, maka modal tetap tentu saja menjadi salah satu syarat utama yang wajib dimiliki.

3. Modal Operasional

Selain modal finansial awal, saat bisnis mulai beroperasi atau apotek mulai buka maka modal lain yang harus dimiliki adalah modal operasional ini. Modal operasional sendiri biasanya akan dialokasikan untuk kebutuhan seperti gaji karyawan, biaya listrik, biaya pemeliharaan bangunan dan peralatan, hingga telepo, air pam, dll. Tak hanya itu saja, biaya operasional juga biasanya dibutuhkan untuk persediaan obat.

4. Modal Cadangan

Modal cadangan juga masuk pada salah satu daftar modal yang wajib dimiliki saat akan mendirikan sebuah bisnis. Modal cadangan ini biasanya akan dialokasikan pada segmen seperti biaya operasional untuk jangka waktu 1 tahun pertama. Karena pada masa-masa tersebut profit atau pendapatan apotek masih belum diketahui secara pasti. Sehingga modal cadangan akan sangat dibutuhkan untuk dana talang sementara.

5. Modal Pengetahuan, Tekad, Dan Niat

Tentunya tidak hanya modal seperti finansial hingga sarana prasarana saja yang akan dibutuhkan dalam sebuah bisnis, akan tetapi modal lain seperti pengetahuan, niat, dan tentunya tekad juga akan selalu dibutuhkan. Terlebih untuk segmen bisnis khusus di bidang kesehatan seperti apotek, maka minimalnya anda harus memiliki modal pengetahuan dalam bidang tersebut. Karena segmen bisnis sangat sensitif terlebih berhubungan dengan bidang kesehatan.

 

Nah, pada kesempatan ini kami akan memberikan sedikit informasi tentang peluang bisnis apotek atau toko obat. Baik itu apotek mini atau toko obat. Mengapa kami mengangkat informasi tentang peluang bisnis opotek atau toko obat? Ada beberapa alasan, pertama bisnis ini cukup menggiurkan karena besarnya keuntungan yang didapatkan. Kedua menurut kami bisnis apotek atau toko obat ini mudah untuk dijalankan dan prospeknya sangat bagus.

Mungkin sebagian orang berkata, berbisnis dengan membuka apotek itu susah. Kita kan harus mempunyai keahlian dalam obat-obatan, harus mengeluarkan modal besar, belum lagi izinnya.. Menurut kami semua itu bisa diatasi jika kita ada kemauan.

Saya berbicara seperti ini, karena saya sudah melihat dan mengalami sendiri. Sebab keluarga saya sudah lama bergelut dibidang ini. Sedangkan latar belakang pendidikan hanya tamatan SMK. Beliau lahir dari keluarga biasa-biasa saja. Dengan modal awal 20 jutaan dan diiringi dengan kerja keras, sekarang sudah sukses dengan membuka apotek dengan nama Apotek Zaky Farma. Pada awalnya beliau hanya membuka toko obat.

Bagaimana Pendapatmu ?
W3.CSS

Berita Trending Pilihan

Loading...

About the author

izmirazi

Leave a Comment

>