free webpage hit counter
Miscellaneous

Mengenal Sejarah Konsol Game Tamagotchi

Mengenal Sejarah Konsol Game Tamagotchi

Artikel Pilihan

Mengenal Sejarah Konsol Game Tamagotchi

Mengenal Sejarah Konsol Game Tamagotchi

Konsol Game Tamagotchi merupakan salah satu konsol game yang terkenal dimainkan oleh anak-anak di era tahun 90’an sampai awal tahun 2000. Game ini diciptakan oleh Dr. Banzo. Game ini ini seakan menjadi barang wajib bagi anak-anak pada saat itu.

Tamagotchi diluncurkan oleh perusahan Jepang, Bandai, pada tanggal 23 November 1996 di Jepang. Tamagotchi  berasal dari bahasa Jepang yaitu tamago yang berarti telur dan jam tangan. Cukup mengasyikkan karenagame ini merupakan game yang mengharuskan pemainnya untuk memelihara seseorang/hewan/digimon. Objek yang kita pelihara tersebut berawal dari sebuah telur, lalu pecah menjadi seseorang atau hewan atau digimon. Setelah menetas, game ini juga menuntut pemainnya untuk memperhatikan tamagotchinya, seperti memberinya makan, diajak jalan-jalan, diajak bermain, membersihkan kotorannya dan sebagainya.

Pilihan Menu

tamagotchi

Ada beberapa pilihan menu pada tamagotchi, seperti sendok & garpu untuk memberi tamagotchi makan, ikon lampu untuk menyalahkan dan mematikan lampu kamar tamagotchi, ikon bola baseball & tongkat baseball untuk mengajaknya bermain, ikon suntikan untuk mengobatinya ketika sakit, ikon bebek untuk membersihkan poopnya, ikon timbangan untuk info umur, berat badan, lapar/tidak, dan dalam keadaan senang/tidak, serta ikon orang tertidur untuk membuatnya tidur. Seringkali tamagotchi ini tidur dan tidak mau dibangunkan. Sehingga kita harus menunggunya untuk bangun.

3 Tombol Legendaris

tamagotchi

Dari gambar diatas, ada Terdapat 3 tombol utama dalam tamagotchi. Tombol paling kiri untuk mencari opsi, tombol tengah untuk memilih opsi, dan tombol paling kanan untuk membatalkan opsi.

Layaknya Memelihara Peliharaan Sungguhan

tamagotchi

Tidak lengkap bagi anak-anak pada era dulu pergi ke sekolah dengan tidak membawa tamagotchinya. Tamagotchi butuh perhatian lebih dari para pemainnya. Jika ditinggal beberapa jam saja game ini seakan ‘memaksa’ para pemainnya untuk sekedar memberinya makan, mengajak bermain, membersihkan kotorannya dan sebagainya. Apabila tidak diurus, maka objek dalam tamagotchi ini bisa sakit bahkan mati. Karena game ini menuntut pemainnya untuk selalu memperhatikannya, maka anak-anak SD selalu membawanya kesekolah.

Lebih Memperhatikan Tamagotchi Daripada Diri Sendiri

tamagotchi

Anak-anak pada saat itu lebih memperhatikan tamagotchi daripada dirinya sendiri. Dengan memilih menu yang berikon timbangan kita bisa melihat apakah tamagotchi itu lapar atau sedang dalam mood yang tidak baik. Maka dari itu anak-anak akan selalu memperhatikan kondisi tamagotchi. Terlebih, tamagotchi ini cepat lapar dan cepat berubah mood menjadi unhappy. Karena itu anak-anak akan selalu ‘mengurus’ tamagotchinya setiap saat. Banyak orang tua pada saat itu yang memarahi anaknya dikarenakan terus-terusan bermain dengan tamagotchi.

Mau Ganti Peliharaan? Tinggal Restart Tamagotchi

tamagotchi

Anak-anak cepat bosan pada sesuatu. Ketika anak tersebut sudah bosan maka satu-satunya cara untuk mengganti objek peliharaan adalah dengan cara merestartnya.

Ada 2 jenis cara merestart. Pertama dengan cara menekan ke tombol yang berada di belakang dan berada didalam tamagotchi, biasanya tombol ini tidak timbul dan masuk ke dalam, hal ini dilakukan untuk meminimalisir ketidaksengajaan pemencetan tombol ini, karena itu kita harus memakai lidi untuk melakukan restart. Cara ke-2 dengan cara memasukkan plastik pembungkus tamagotchi dengan terlebih dahulu memotongnya sedemikian rupa sehingga bisa dimasukkan ke lubang restart.

Beberapa manfaat yang didapat dalam bermain tamagotchi, diantaranya sebagai berikut:

  • Menumbuhkan rasa simpati & empati
  • Belajar bertanggung jawab
  • Simulasi untuk memelihara peliharaan sungguhan

Dampak negatif bermain tamagotchi : 

  • Membuat anak tidak fokus belajar
  • Membuat anak melalaikan PR
  • Membuat lupa waktu
  • Lebih mementingkan tamagotchi daripada diri sendiri, sehingga kesehatan diri sendiri tidak terurus

Sekian infonya tentang permainan Tamagotchi. Jika anda ingin bermain permainan ini namun tidak memiliki konsolnya, maka anda bisa download permainan ini di PlayStore dengan nama ” Tamagotchi L.i.f.e”. Game besutan Namco ini dapat didownload dengan gratis, namun hanya untuk negara US dan Canada. Tapi jangan kecewa, agan-sista bisa download gamenya Disini

Selamat bermain 🙂

Bagaimana Pendapatmu ?
W3.CSS

Berita Trending Pilihan

Loading...

About the author

izmirazi

1 Comment

  • Hello I am so happy I found your web site, I really found you by
    error, while I was researching on Yahoo for something else,
    Anyhow I am here now and would just like to say thanks
    a lot for a remarkable post and a all round thrilling blog (I also love the theme/design),
    I don’t have time to read through it all at the moment but I have
    saved it and also added your RSS feeds, so when I have time I
    will be back to read a great deal more, Please
    do keep up the fantastic job.

Leave a Comment

>