free webpage hit counter
Travel

Mengapa Perjalanan Pulang Selalu Terasa Lebih Cepat daripada Saat Berangkat ? Ini Penjelasannya

mengapa perjalanan pulang selalu terasa lebih cepat

Artikel Pilihan

Buat sobat yang punya hobi traveling dan suka mengunjungi tempat-tempat baru, pernah tidak merasakan kalau perjalanan pulang terasa lebih cepat daripada saat pergi atau berangkat? Padahal rute dan jarak yang ditempuh sama. Tentunya hampir semua orang pernah merasakannya.

Sehingga seringkali kita bertanya-tanya mengapa ini bisa terjadi? Mengapa Perjalanan Pulang Selalu Terasa Lebih Cepat daripada Saat Berangkat ?

Pertanyaan inilah yang akhirnya membuat para peneliti mencoba mencari sebuah penjelasan kenapa hal ini bisa terjadi.

Dalam sebuah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh PLoS ONE, gagasan tentang efek ini muncul dan para peneliti sepakat untuk menyebutnya sebagai fenomena ‘Return Trip Effect’. Faktanya, walau terasa lebih cepat perjalanan pulang sebenarnya tidak benar-benar lebih cepat daripada perjalanan pergi. Itu semua hanya persepsi yang muncul di otak kita.

mengapa perjalanan pulang selalu terasa lebih cepat

Lewat sejumlah eksperimen, para peneliti mengungkapkan bahwa saat perjalanan pergi otak kita cenderung lebih fokus terhadap rute dan objek asing yang kita jumpai selama perjalanan. Saat otak sedang fokus terhadap hal-hal baru itulah yang kemudian membuat persepsi otak terhadap waktu juga terasa lebih lama.

Sedangkan saat perjalanan pulang, jika melewati rute yang sama, otak kita sudah lebih familiar terhadap rute dan objek yang dijumpai. Ini membuat otak tidak perlu lagi bekerja keras untuk fokus. Sehingga persepsi otak terhadap waktu juga akan terasa lebih cepat.

Para peneliti juga mengungkapkan jika fenomena ini lebih sering terjadi ketika seseorang bepergian ke tempat baru yang belum pernah dikunjungi. Karena otak akan lebih fokus mengamati hal-hal asing yang belum pernah dijumpai. Sedangkan ditempat yang sudah sering kita kunjungi, fenomena ini lebih jarang terjadi.

Itulah penjelasan ilmiah lewat sejumlah eksperimen untuk mengungkap misteri kenapa perjalanan pulang terasa lebih cepat daripada saat pergi atau berangkat. Dengan penjelasan ini, tentunya pertanyaan kita sudah terjawab dan kita tidak perlu lagi menganggap ini suatu hal yang aneh. Semoga informasi ini dapat menambah ilmu dan wawasan anda sobat. Nah ayo jangan lupa share biar yang lain juga tambah tahu

Bagaimana Pendapatmu ?
W3.CSS

Berita Trending Pilihan

Loading...

About the author

izmirazi

Leave a Comment

>