free webpage hit counter
Technology

Memex Mesin Pencari Lebih Canggih Dari Google

Memex Mesin Pencari Lebih Canggih Dari Google

Artikel Pilihan

Memex Mesin Pencari Lebih Canggih Dari Google.

Memex merupakan mesin pencari yang akan dibangun oleh DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency), suatu lembaga riset Departemen Pertahanan AS. Mesin pencari ini rencana dibuat lebih canggih dari Google. Hal itu dikarenakan mesin pencari Memex, memiliki fungsi lebih yaitu mencari situs atau informasi di internet yang belum terindeks oleh Google.

Menurut informasi yang diperoleh, Google hanya mengindeks 5 % dari seluruh situs dan informasi yang beredari di internet. Jadi dengan kata lain, Google hanya mengindeks bagian permukaan internetnya saja. Bukan secara mendalam dan keseluruhan.

Memex merupakan singkatan dari Memory dan Index. Nantinya mesin pencari Memex rencananya akan  digunakan untuk mencegah kejahatan kriminal yang dilakukan secara online seperti perdagangan manusia, narkoba, atau kejahatan lainnya yang tidak terindeks oleh Google. Hal ini penting karena biasanya kejahatan yang dilakukan secara online tidak mungkin untuk dipublish secara umum dan dilakukan secara rahasia. Selain itu, Memex akan menelusuri bagian gelap dari sisi internet, yang sama sekali bagian yang belum terekspos dan diketahui oleh publik.Selain itu, Memex juga akan menelusuri situs-situs yang tersembunyi.

Pihak DARPA yakin bahwa Memex nantinya akan bermanfaat besar. Biaya dari proyek ini menelan sekitar $20 juta.  Pihak DARPA ingin tidak hanya ingin mengindeks situs yang belum ditemukan, melainkan juga menganalisis konten yang tersembunyi yang berguna bagi penegakan hukum, militer, bahkan untuk sektor swasta.

Saat ini, pengembangan Memex dalam tahap prototype. Dan proyek ini baru dikembangkan selama satu tahun. Dan diharapkan nantinya, proyek Memex ini mencari informasi yang akurat dan mencari informasi yang tersembunyi untuk mengungkapkan kejahatan kriminal.

Bagaimana Pendapatmu ?
W3.CSS

Berita Trending Pilihan

Loading...

About the author

izmirazi

Leave a Comment

>