free webpage hit counter
Miscellaneous

Mainan Kapal Othok-Othok

kapal othok-othok

Artikel Pilihan

Kapal othok-othok merupakan mainan tradisional Indonesia. Mainan ini terdengar familiar bagi kamu yang menghabiskan masa kecil di tahuan 90-an dan awal 2000. Mainan ini terlihat sederhana dan menggunakan hukum fisika untuk menggerakkannya.

kapal othok-othok

Mainan ini memanfaatkan aliran panas untuk bergerak. Mainan ini berbentuk kapal sederhana yang terbuat dari aluminium. Kapal othok-othok ini biasanya dicat berwarna merah putih atau diberi tambahan aksesoris berupa kepala prajurit dan bendera merah putih. Tak heran kalau presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) mencanangkan kapal othok-othok sebagai maskot semangat kemaritiman Indonesia beberapa bulan belakangan.

Mungkin kamu masih mengingat waktu kecil, mainan ini dijajakan di pasar tradisional. Kamu pasti menghabiskan waktu di samping wadah air hanya untuk melihat kapal ini berlayar. Harganya sangat murah namun bukan berarti mainan ini mainan murahan yaa..

Prinsip kerja kapal othok othok adalah memanfaatkan tenaga uap air yang keluar dari ketel mini di dalam kapal. Ketika kapal dimainkan, temperature yang ada di sekitar kapal lebih rendah daripada di dalam kapal. Sehingga uap air keluar melalui pipa dan menimbukan daya gerak air.

Cara memainkan kapal ini cukup mudah. Kamu cukup letakkan wadah air, bisa pakai ember atau baskom, isi knalpot kapal dengan sedikit air lalu nyalakan api di bagian kapal. Kalau ‘mesin’ sudah panas, maka bunyi othok-othok yang terdengar penanda kapal mulai bergerak. Mainan ini memang kurang populer namun bisa jadi satu cara untuk menimbulkan semangat maritim Indonesia sebagai negara kepulauan.

Bagaimana Pendapatmu ?
W3.CSS

Berita Trending Pilihan

Loading...

About the author

izmirazi

Leave a Comment

>