free webpage hit counter
Miscellaneous

Jenis-Jenis Pinjaman Bank Syariah Mandiri Yang Perlu Diketahui

Jenis-Jenis Pinjaman Bank Syariah Mandiri Yang Perlu Diketahui

Artikel Pilihan

Saat ini ada dua belas jenis pinjaman Bank Syariah Mandiri yang ditawarkan kepada masyarakat Indonesia. Semua jenis pinjaman tersebut ditujukan kepada umat Islam yang ingin meminjam uang di Bank dan terhindar dari unsur riba.

Pinjaman di Bank Syariah ini menjadi salah satu jenis pinjaman yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, khususnya umat muslim. Hal ini dikarenakan pinjaman dari Bank Syariah dianggap bebas riba dan saling menguntungkan antara pihak Bank dan masyarakat yang meminjam uang.

Jenis pinjaman di Bank Syariah Mandiri tidak seperti pinjaman yang ada di Bank Mandiri konvensional. Sesuai dengan namanya, Bank Syariah Mandiri menganut konsep dasar yang sesuai dengan aturan Islam sehingga tidak diperbolehkan adanya bunga pinjaman tapi pembagian keuntungan.

Baca Juga : Syarat Meminjam Uang di Bank Tanpa Jaminan 

Semua bank Syariah yang ada di Indonesia memiliki 3 produk unggulan, diantaranya produk penghimpun dana, penyaluran dana, dan jasa perbankan. Nah, di artikel ini akan fokus membahas mengenai beberapa jenis pinjaman Bank Syariah Mandiri.

Ada 12 Jenis Pinjaman Bank Syariah Mandiri :

1. Pembiayaan Syariah Mandiri Impian

Pinjaman Syariah Impian adalah produk pembiayaan dari BSM bagi mereka yang ingin meminjam dalam bentuk valuta rupiah. Pembiayaan ini diberikan kepada karywan tetap perusahaan dimana pengajuannya dilakukan secara berkelompok atau massal.

Jenis pembiayaan syariah Mandiri ini dapat mengakomodir setiap keperluan para karyawan. Sedangkan akad yang digunakan dalam jenis pembiayaan ini adalah akad Wakalah Wal Muraabahah untuk pembelian barang, dan menggunakan akad Wakalah Wal Ijarah untuk pemanfaatan jasa.

2. Pembiayaan Edukasi Bank Syariah Mandiri

Jenis pinjaman Bank Syariah Mandiri yang satu ini fokus kepada pemberian dana pinjaman untuk biaya pendidikan, baik itu perguruan tinggi atau lembaga pendidikan lainnya. Penggunakan dana ini adala untuk membayar biaya tahun ajaran baru yang biasanya cukup besar, dan juga untuk membayar biaya buku.

Untuk pembiayaan ini menggunakan akad Ijarah atau akad pemindahan hak guna (manfaat) atas suatu barang atau jasa dalam waktu tertentu.

3. Pembiayaan Peralatan Kedokteran

Jenis pinjaman Bank Syariah Mandiri ini khusus untuk para profesional yang bekerja di bidang kesehatan atau kedokteran. Pembiyaan ini bertujuan untuk memberikan kemudahan pada para profesional di bidang kesehatan untuk mendapatkan peralatan yang dibutuhkan.

Teknis pelaksanaannya adalah Bank Syariah Mandiri menyediakan peralatan tersebut dengan cara membelikannya dari supplier. Pinjaman ini menggunakan akad murabahah, yaitu akad menjual kepada nasabah sesuai dengan harga pokok dan ditambah keuntungan yang disepakati oleh Bank dan penerima pembiayaan.

Baca juga : Peluang Bisnis Baru , Bisnis Antar Jemput Anak Sekolah

4. Pembiayaan Griya Bank Syariah Mandiri (BSM)

Jenis pembiayaan syariah ini adalah pinjaman dengan angsuran jangka pendek, menengah, dan jangka panjang untuk keperluan membeli rumah dari peminjam. Adapun rumah yang dibeli adalah rumah baru dan rumah bekas yang berada di lingkungan developer.

Pinjaman ini menggunakan akad murabahah dan sangat cocok bagi mereka yang ingin mengajukan KPR Bank Syariah Mandiri.

5. Pembiayaan untuk Membeli Kendaraan Bermotor

Jenis pembiayaan Syariah Mandiri ini khusus untuk mereka yang ingin membeli kendaraan bermotor namun tidak punya uang cash. Pinjaman ini menggunakan akad murabahah.

6. Pinjaman Untuk Dana Pensiun

Jenis pinjaman Syariah ini diperuntukkan bagi mereka yang sudah pensiun dan membutuhkan pinjaman untuk keperluan di hari tua. Pinjaman ini bisa dipakai untuk keperluan konsumtif dan multiguna bagi para pensiunan.

Pembayaran pinjaman dana pensiun ini dipotong dari dana pensiun setiap bulannya. Akad yang digunakan adalah akad ijirah dan murabahah.

7. Pembiayaan Umroh dari BSM

Jenis pinjaman Syariah Mandiri ini diperuntukkan bagi mereka yang ingin berangkat umroh tapi dana belum mencukupi. Sedangkan untuk pembayaran pinjaman tersebut dilakukan dengan cicilan kredit setiap bulan setelah pulan umroh. Pembiayaan ini menggunakan akad ijirah.

8. Pembiayaan Dana Talangan Haji

Jenis pinjaman Syariah Mandiri ini khusus diperuntukkan bagi mereka yang ingin menutupi dana haji yang belum lunas dan pada saat pelunasan BPIH.

Pembayaran pinjaman ini bisa dilakukan secara kredit yang besarnya sesuai dengan perjanjian di awal pengajuan.

9. Pinjaman BSM Cicil Emas

Program pembiayaan ini dapat digunakan oleh mereka yang ingin membeli emas batangan dengan cara mencicil atau kredit. Besar pinjaman yang diberikan BSM adalah modal untuk membeli emas batangan dengan berat minimal 10 gram.

Namun, untuk bisa mendapatkan pinjaman ini maka nasabah harus memberikan jaminan kepada Bank. Barang yang dijaminkan adalah emas yang menjadi obyek pembiayaan.

10. Pinjaman Syariah dengan Menggadaikan Emas

Bank Syariah Mandiri juga memberikan pinjaman dengan menggadaikan emas. Nasabah yang membutuhkan uang tunai dengan cepat bisa menggadaikan emas miliknya.

Kelebihan pinjaman Bank Syariah Mandiri yang satu ini adalah pricing yang murah dan jaringannya luas di seluruh Indonesia. Jenis pinjaman ini menggunakan akad qardh dalam rangka rahn. Biaya pemeliharaan barang menggunakan akad ijarah.

11. Pembiayaan Griya BSM Bersubsidi

Jenis pinjaman Bank Syariah Mandiri ini ditujukan kepada para nasabah yang ingin membeli rumah sederhana dan sehat. Rumah tersebut harus mendapat fasilitas subsidi dari pemerintah. Pembiayaan ini menggunakan akad murabahah.

12. Pembiayaan Koperasi Karyawan

Jenis pembiyaan ini diberikan kepada karyawan melalui koperasi. Koperasi karyawan dapat memberikan pinjaman kepada anggotanya secara kolektif dengan pendanaan dari Bank Syariah Mandiri.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa jenis pinjaman Bank Syariah Mandiri yang bisa Anda ajukan sesuai peruntukkannya. Dengan pinjaman syariah ini maka para nasabah tidak perlu khawatir terjadi kesalahan proyeksi pembayaran karena semuanya telah dijelaskan sejak awal. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

 

Bagaimana Pendapatmu ?
W3.CSS

Berita Trending Pilihan

Loading...

About the author

izmirazi

1 Comment

Leave a Comment

>