free webpage hit counter
Technology

Himawari 8, Situs Tampilkan Bumi Langsung Secara Real Time

Himawari 8

Artikel Pilihan

Halo Selamat pagi. Pagi yang cerah buat anda para pembaca semua.  Pagi hari ini, kebetulan iseng-iseng lihat di beranda Facebook, ada yang share tentang Himawari 8. Rupanya Himawari 8 adalah nama satelit buatan Jepang yang telah diluncurkan pada awal Oktober 2014 kemarin.  Namun baru tanggal 07 Juli kemarin, Himawari 8 menjalankan misinya. 

Himawari 8

Sambil menjalankan misinya,Himawari 8 memotret bumi setiap 10 menit dari jarak 22.000 mil atau sekitar 35.405 km. Jarak tersebut hampir 3 kali diameter bumi.

Namun lebih menarik lagi adalah hasil potretan tersebut dimuat disitus official Himawari 8. Kita bisa melihat foto langsung bumi dengan skala tertentu dan rentang waktu tertentu dari saat ini hingga sebelumnya dengan kualitas gambar resolusi tinggi. Foto-foto tersebut ditempatkan pada situs tersebut dan menunjukkan penampilan bumi secara real time.Selain itu, anda juga bisa melihat video khusus yang menyediakan video time-lapse tampilan bumi dari waktu ke waktu. Lihat Disini

Nah, uniknya lagi adalah anda bisa melihat saat ini, tepatnya saat artikel ini diposting ada topan besar yang sedang menuju Cina. Saat ini, topan tersebut berada di Samudera Pasifik.

topan chan-nom

Lihat artikel : Topan Chan-hom dan Topan Nangka Sedang menuju Cina

Saat ini, satelit Himawari 8 hanya menampilkan sisi bumi sebelah Asia dan Oceania saja karena posisi satelit Himawari 8 berada di atas belahan bumi tersebut. Sekilas tentang Himawari 8, adalah satelit khusus atau Satelit Geostasioner, dimana satelit ini tetap berada posisi tersebut dan tidak mengikuti rotasi bumi. Satelit ini biasanya digunakan untuk melihat kondisi cuaca, layanan TV Satelit dan untuk kebutuhan telekomunikasi lainnya. Satelit ini bisa dibilang cukup menguntungkan karena dapat membandingkan kondisi bumi dan melihat perubahannya dari waktu ke waktu.

Berikut situs Himawari 8 Disini.

Bagaimana Pendapatmu ?
W3.CSS

Berita Trending Pilihan

Loading...

About the author

izmirazi

Leave a Comment

>