free webpage hit counter
Technology

Google Doodle Pasang Foto Ki Hajar Dewantara Dalam Rangka Hardiknas

Google Doodle Pasang Foto Ki Hajar Dewantara Dalam Rangka HardiknasGoogle Doodle Pasang Foto Ki Hajar Dewantara Dalam Rangka Hardiknas

Artikel Pilihan

Google Doodle Pasang Foto Ki Hajar Dewantara Dalam Rangka HardiknasGoogle Doodle Pasang Foto Ki Hajar Dewantara Dalam Rangka Hardiknas

Google Doodle Pasang Foto Ki Hajar Dewantara Dalam Rangka Hardiknas

Bukan hanya Indonesia saja yang merayakan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 02 Mei 2015, namun Google juga merayakan Hardiknas melalui Google Doodlenya di situs pencarian Google. Google menggunakan foto Ki Hajar Dewantara di situs pencarian Google sejak tengah malam tadi.

Google menggunakan foro Ki Hajar Dewantara sebagai tanda penghargaan kepada Ki Hajar Dewantara atas perjuangannya di bidang pendidikan selama masa penjajahan. Gambar ini hanya muncul di homepage Indonesia sebagai  hari lahirnya yang ke 126 tahun. Google juga berujar bahwa Google menggunakan foto Ki Hajar Dewantara berdasarkan pada kemanusiaan, kebebasan, dan hak untuk menimba pengetahuan.

Nama asli Ki Hajar Dewantara adalah Raden Mas Soewardi Soerjaningrat yang lahir di Yogyakarta pada tanggal 02 Mei 1889. Beliau wafat di Yogyakarta pada tanggal 26 April 1959. Tanggal kelahirannya diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Ki Hajar Dewantara adalah seorang tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia, politisi, dan pelopor pendidikan bagi kaum pribumi di masa penjajahan. Ki Hajar Dewantara dikenal sebagai pendiri Perguruan Taman Siswa dan diakui sebagai Bapak Pendidikan Nasional yang bukan hanya Indonesia saja yang  mengakui, melainkan juga diakui dunia.

Pada masa era Soekarno, Ki Hajar Dewantara menjadi Menteri Pendidikan, Pengajaran serta Kebudayaan yang pertama. Melalui jabatannya, Ki Hajar Dewantara bisa meningkatkan mutu pendidikan Indonesia dan bersaing dengan negara lain. Dan pada tahun 1957, Ki Hajar Dewantara memperoleh gelar Doktor Honori Clausa dari Universitas Gajah Mada.

Dua tahun setelah itu, Ki Hajar Dewantara wafat tepatnya pada tanggal 26 April 1959. Dan nama Ki Hajar Dewantara diabadikan bukan hanya sebagai Bapak Pendidikan Nasional, melainkan sebagai Pahlawan Gerakan Nasional melalui surat Keppres RI. No. 305 Tahun 1959 tanggal 28 November 1959.

Bagaimana Pendapatmu ?
W3.CSS

Berita Trending Pilihan

Loading...

About the author

izmirazi

Leave a Comment

>