free webpage hit counter
Technology Video

Energi Alternatif, Mengapa Kentang Bisa Menyalakan Lampu ?

kentang bisa menyalakan lampu

Artikel Pilihan

Penelitian baru-baru ini membuktikan bahwa kentang bisa menyalakan lampu, bahkan dapat hidup selama sebulan. Peneliti dari Israel,  Rabinowitch juga berhasil menemukan energi untuk menyalakan lampu LED selama 40 hari hanya dari 1 kentang. Mengapa kentang bisa menyalakan lampu ? Ini penjelasannya.

Harus dicatat, kentang bukanlah sumber energi. Kentang hanya membantu menghantarkan listrik Energi berbasis hasil pertanian diteliti dan dikembangkan oleh ilmuwan di Hebrew University, Israel. Percobaan mereka menemukan bahwa sebuah kentang bisa dipakai untuk menyalakan lampu selama 40 hari. Kenapa bisa begitu?

kentang bisa menyalakan lampu

Perlu dicatat, kentang bukanlah sumber energi. Dia hanya membantu mengalirkan listrik dengan berperan sebagai “jembatan penghantar garam” antar kedua logam (dalam kasus yang ditunjukkan di video di atas: paku). Buah-buahan yang kaya elektrolit juga bisa menjalankan fungsi serupa  seperti pisang atau stroberi Buah-buahan ini adalah baterai asam natural yang sempurna.

kentang dapat menyalakan lampu

Lalu kenapa kentang lebih baik digunakan ketimbang buah lain yang mengandung elektrolit: Karena jumlah kentang sangatlah banyak di dunia. Kentang adalah produk pertanian paling banyak dihasilkan urutan ke-4 di dunia.

Kentang memiliki struktur yang solid, memudahkan pemasangan panel metal, awet, dan tidak mudah menarik serangga seperti hasil pertanian yang lain. kentang dapat direbus.Merebus kentang dapat memperkecil hambatan listrik (membuat elektron mengalir dengan lebih bebas) 

Dibandingkan dengan lampu petromaks, pemakaian kentang untuk menyalakan lampu bisa menghemat biaya hingga seperenamnya. Peneliti kentang sebagai sumber listrik sendiri berharap temuan ini bisa disebarluaskan ke tempat-tempat yang belum teraliri listrik untuk memberikan penerangan, Tapi hambatan yang terjadi adalah produksi kentang sebagai sumber energi harus bersaing dengan demand kentang sebagai bahan pangan
Penggunaan produk pertanian sebagai sumber energi kalah populer dengan sumber energi alternatif lainnya (thermal, angin, solar panel) sehingga investasi di sektor ini pun sulit didapatkan.

Penjelasan ilmiah mengapa kentang bisa menyalakan lampu,dapat dilihat dari video ini:

Bagaimana Pendapatmu ?
W3.CSS

Berita Trending Pilihan

Loading...

About the author

izmirazi

Leave a Comment

>