free webpage hit counter
Miscellaneous Technology

Domain .ID Resmi Dipakai di Indonesia

Domain .ID Resmi Dipakai di Indonesia

Artikel Pilihan

Setelah sekian menunggu lama, akhirnya domain .ID resmi dipakai di Indonesia pada hari Kemerdekaan 17 Agustus. Kabarnya, peluncuran domain ini dilakukan oleh Pengelola Domain Indonesia (PANDI) di BlitzMegaplex Grand Indonesia dan diadakan pendaftaran domain .ID secara gratis untuk pengguna personal. Jadi, dengan domain ini, diharapkan  masyarakat Indonesia tertarik dan minat dengan domain ini.

Kita bisa mendaftarkan nama domain apa saja dengan domain ini asalkan bisa dipertanggungjawabkan identitasnya. Menurut Ketua Umum PANDI Andi Budimansyah, diharapkan domain .id menembus 5-10 ribu domain di akhir tahun 2014.

Dari sisi biaya, domain ini tergolong mahal dibandingkan dengan domain lain seperti.com atau .net sehingga masyarakat Indonesia masih berpikir dua kali untuk membeli domain ini. Di sisi lain, untuk memiliki domain ini cukup rumit karena harus melengkapi identitas pribadi kita dengan benar. Namun disitulah kunci utamanya yang menyatakan bahwa  domain ini layak digunakan karena identitas kepemilikan domain asli dan dapat dipertanggung jawabkan. Sehingga bagi pengguna domain ini yang ingin membuat toko online,sangat cocok karena kepemilikan domain ini sah dan meningkatkan kepercayaan calon customer apabila ingin membeli suatu produk di toko online yang menggunakan domain .id. Kita bisa lihat  perbandingan harga domain biasanya seperti .com atau .net denga domain. id dibawah ini. Perbandingan harga anda bisa cek melalui situs https://masterkey.masterweb.com/domainchecker.php

perbandingan domain .id

Jika anda ingin mendaftakan nama anda melalui domain ini, anda harus melengkapi identitas dokumen anda dengan lengkap. Jika mendaftarkan dengan nama intitusi juga harus melampirkan legalitas institusi anda. Pendaftar harus membayar biaya administrasi sebesar Rp.100.000. Untuk biaya domain, anda bisa cek di atas misal untuk domain anekasepatumurah.id, sebesar Rp.450.000. Namun anda juga harus membayar biaya akuisisi minimal sebesar Rp.1 juta.  Biaya ini merupakan biaya apabila jika tidak ada pihak lain yang mendaftarkan dengan domain yang sama. Apabila ada pihak lain yang mendaftarkan yang sama, maka akan dilakukan lelang untuk domain tersebut. Pihak lelang yang menang adalah pihak yang menawarkan biaya akuisisi yang tertinggi.

Memang cukup mengeluarkan biaya yang mahal untuk mendapatkan domain ini. Tidak serumit seperti domain umum seperti .com atau .net. Sepertinya masyarakat akan keberatan terutama dari biaya akuisisi yang tergolong lebih mahal daripada biaya domain. Namun itu tergantung masyarakat juga apakah ingin memiliki domain tersebut atau tidak. Domain .id resmi dipakai di Indonesia namun walaupun demikian, pihak PANDI juga diharapkan agar mensosialisasikan domain ini agar banyak diminati. Mudah-mudahan untuk tahun-tahun yang akan datang, biaya domain ini bisa murah dan untuk biaya akuisisi juga tidak terlalu mahal, harapan saya selaku warga Indonesia 😀

Bagaimana Pendapatmu ?
W3.CSS

Berita Trending Pilihan

Loading...

About the author

izmirazi

Leave a Comment

>