free webpage hit counter
Miscellaneous

Cek Kesehatan Mulut Anda Berdasarkan Warna Lidah

cek kesehatan mulut anda berdasarkan warna lidah

Artikel Pilihan

Cek Kesehatan Mulut Anda Berdasarkan Warna Lidah

Anda bisa mengetahui kondisi kesehatan mulut anda dengan cara cek kesehatan mulut anda berdasarkan warna lidah. Lidah anda bisa mejadi indikator kesehatan mulut anda secara umum. Jika mulut anda merasa sakit dan tidak nyaman, anda bisa cek melalui warna lidah anda. Mungkin anda pernah mengalaminya ketika anda bercermin dan menjulurkan lidah anda, anda baru tersadar ada perubahan warna di lidah anda. Nah berikut beberapa warna lidah  yang mungkin menunjukkan kondisi kesehatan mulut anda secara umum.

1. Lidah Warna Merah

lidah warna merah

Jika lidah anda berwarna merah, maka anda mengalami sakit tenggorokan. Selain itu, perubahan lidah anda menjadi warna merah juga bisa disebakan oleh glositis atrofil, yaitu kekurangan vitamin asam folat, B12 atau zat besi.Lidah warna merah juga bisa berarti mulut anda kering.

2. Lidah Benjolan

Lidah Benjolan
Penyebab umum dari lidah benjolan adalah makan makanan panas. Penyebab umum lainnya adalah sariawan dan penyakit herpes.Kedua penyakit ini dapat pergi dengan sendirinya namun anda pasti tidak nyaman mengalaminya.

3. Lidah berbintik

lidah berbintik
Memiliki lidah berbintik putih dan merah muda bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan.  Hal itu disebabkan karena lidah anda merasa lelah. Beberapa penelitian medis menunjukkan hubungan antara lidah berbintik dengan penyakit celiac, suatu kondisi dimana sistem kekebalan tubuh menyerang usus kecil.

4. Lidah bercak putih

lidah bercak putih

Lidah bercak putih disebabkan oleh kebersihan dari mulut anda yang buruk. Hal ini dapat dicegah dengan cara meminum pil anti jamur. Lidah bercak putih juga bisa menjadi tanda leukoplakia yang disebabkan oleh tembakau dan minum alkohol. Lidah ini beresiko kena kanker mulut.

5. Lidah berlekuk-lekukan

lidah lekukan
Kebanyakan orang memiliki lekukan pada lidah mereka hanya karena cara gigi mereka menekan ke lidah mereka pada saat tidur. Kondisi seperti ini tidak perlu dikhawatirkan.

6 Lidah hitam dan berbulu

lidah hitam dan berbulu
Meskipun anda melihat lidah ini menjijikkan, namun kondisi sepert ini tidaklah berbahaya. Kondisi seperti ini kadang dikaitkan dengan penggunaan antiobiotik,infeksi jamur, diabetes, terapi kanker, atau kesehatan mulut yang buruk. Hal ini terjadi karena pertumbuhan sel di lidah terlalu cepat dan lama kelamaan akan hilang dengan sendirinya. Sebenarnya tidak ada rambut pada kondisi lidah sepert ini, namun hanya kelihatannya saja.

7 Lidah bergaris

lidah lekukan

Kondisi lidah ini bisa menjadi indikator penyakit oral lichen planus yang disebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel yang di dalam mulut Untuk wanita paruh baya, sering mengalami kondisi seperti ini. Kondisi lidah seperti ini, beresiko tinggi kena penyakit kanker mulut.

Bagaimana Pendapatmu ?
W3.CSS

Berita Trending Pilihan

Loading...

About the author

izmirazi

Leave a Comment

>