free webpage hit counter
Tips-Tips

Cara Remote Smartphone Android Dari Komputer/Laptop Dengan Aplikasi AirDroid

Artikel Pilihan

Untuk beberapa hal, terkadang kita ingin hp atau Smartphone android yang kita gunakan bisa dikendalikan secara remote dari jarak jauh melalui komputer pc atau laptop kita. Atau bahkan mungkin saja kita juga mengnginkan untuk mengendalikan hp android orang lain tanpa sepengetahuan mereka, seperti misalnya ingin memonitor hp android milik pacar dengan tujuan untuk melihat aktivitas pacar kita. 

Kita sangat beruntung karena kita hidup di era perkembangan teknologi informasi, untuk mengendalikan hp android lewat komputer, pc atau laptop dari jarak jauh nampaknya untuk saat ini bukanlah suatu hal yang mustahil.

Saat ini ada banyak sekali developer aplikasi yang mampu memfasilitas keperluan untuk meremote hp android lewat konputer pc atau laptop, dengan menggunakan aplikasi yang mereka gunakan kita akan dapat dengan mudah mengendalikan hp android yang kita inginkan dengan komputer secara jarak jauh.

Ada banyak sekali aplikasi gratis yang dapat kita gunakan untuk mengendalikan hp android melalui komputer pc atau laptop, dari sekiab banyak aplikasi yang tersedia salah satu aplikasi yang cukup rekomended yang dapat digunakan adalah AirDroid.

Baca juga : Waspada! Ini Tanda Ponsel Kamu Disadap 

Aplikasi AirDroid tersedia dalam 2 versi versi desktop dan versi android, berfungsi untuk mengendalikan hp android dari jarak jauh secara remote melalui komputer pc atau laptop, kedua aplikasi tersebut harus terpasang di perangkat komputer maupun android.

Fitur Bermanfaat Aplikasi AirDroid

Berikut beberapa fitur bermanfaat yang ditawarkan oleh aplikasi  AirDroid:

1. File Transfer

Fitur ini dapat membantu anda mentransfer file antar sesama hp android yang sama-sama menggunakan aplikasi air droid.

2. File Manager

Fitur ini Bermanfaat untuk mengelola file hp android anda secara remote melalui jaringan komputer. Fitur ini sering saya manfaatkan ketika ingin memindahkan file / foto atau dokumen dari hp android ke komputer, maupun dari komputer ke hp android.

Saya menggunakan fitur AirDroid ini karena menurut saya cukup praktis, tanpa kabel usb atau bluetooth, selama antara hp dan komputer terhubung ke jaringan internet keduanya bisa saling bertukar data.

3. AirMiror

Air miror membantu anda mengendalikan hp android anda secara remote melalui komputer, seperti misalnya mengakses kamera, mengetik menggunakan keyboard komputer, melihat tampilan hp android yang sedang dibuka sekaligus bisa juga melakukan screenshoot, dan mengendalikan secara penuh hp android anda melalui komputer seperti halnya langsung di hp android namun khusus untuk air miror versi ini hp harus sudah dalam keadaan di root.

4. Notification

Fitur ini bermanfaat untuk mendapatkan notifikasi ke hp adroid anda, setiap notifikai yang masuk ke hp android anda, maka dapat dilihat melalui fitur ini.

5. SMS

Fitur untuk melihat sekaligus mengirim sms melalui komputer yang terintegrasi dengan hp android anda.

6. Call History

Melihat data daftar panggilan yang masuk ke hp android anda melalui komputer

7. Contact

Melihat daftar kontak lewat komputer yang terdapat di hp android anda.

8. AirDroid Web

Fitur ini bermanfaat untuk mengendalikan hp android anda secara remote menggunakan AirDroid namun berbasis web. fitur ini bisa anda gunakan untuk mengendalikan hp android anda yang kebetulan belum di root.

Baca juga : Tips Cara Mengunci Smartphone Tanpa Menekan Tombol Power 

Cara Remote HP Smartphone Android melalui Komputer PC dengan AirDroid

Untuk anda yang kebetulan ingin mengakses hp android anda lewat komputer dari jarak jauh, maka hp android dan juga komputer yang anda gunakan untuk meremotenya harus terhubung ke jaringan internet.

langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Instal aplikasi AirDroid

Silahkan install aplikasi AirDroid di hp android anda lewat playstore, lalu instal juga AirDroid versi dekstop di komputer atau laptop anda.

3. Buat akun AirDroid

Langkah-langkah untuk membuat akun AirDroid cukup mudah, silahkan buka aplikasi AirDroid yang sudah anda instal di hp android anda atau di komputer anda. lalu buat akun, anda bisa membuat akun air droid menggunakan akun facebook anda atau akun google +.

4. Login ke aplikasi AirDroid

Untuk menghubungkan komputer dengan hp android anda agar hp android anda bisa diakses melalui komputer, silahkan anda login di aplikasi air droid yang sudah anda instal di hp android anda.

Lalu di komputer anda, silahkan login juga di aplikasi air droid menggunakan email dan password yang sama yang anda gunakan untuk login di airdroid di hp anda.

Pada layar utama AirDroid , agar anda dapat mengendalikan hp android anda melalui komputer seperti layaknya anda menggunakan hp android anda, maka anda bisa menggunakan fitur AirMiror seperti terlihat pada gambar di bawah ini

Namun khusus untuk menggunakan fitur AirMiror seperti gambar di atas hp android anda harus sudah dalam keadaan di root.

Bagaimana jika hp android saya belum di root ?

Jika hp android anda belum di root alternatif yang masih bisa anda gunakan adalah Air miror versi web.

Untuk mengakses air mirror versi web, anda bisa mengaksesnya melalui menu bola dunia di menu samping kiri bawah, terlihat seperti gambar di bawah ini:

Nanti anda akan di bawa ke halaman web airdroid untuk mengakses hp android anda dari jarak jauh melalui internet.

Agar aplikasi web air droid dapat terhubung ke hp android anda, silahkan klik AirMirror, pastikan untuk keterhubungan pertama kali hp dalam keadaan aktif dan tidak terkunci.

Cara di atas dapat digunakan jika jaringan Internet HP android anda dan juga Komputer berbeda / tidak menggunakan jaringan wifi yang sama atau tidak menggunakan jaringan internet yang sama.

Baca Lainnya : Cara Ampuh Menghemat Baterai Android Dengan Mudah 

Jika jaringan internet yang digunakan sama lakukan cara Ini.

Jika jaringan internet yang digunakan oleh hp android dan juga komputer sama, maka langkah untuk menghubungkan hp android anda dengan komputer agar hp android bisa diakses via komputer secara remote langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Buka Aplikasi air droid di hp android anda.

b. Masu ke menu my device kemudian klik menu AirDroid web. maka anda akan melihat alamat ip address untuk mengakses hp android anda melalui web secara remote, terlihat seperti gambar di bawah ini:

Pada option 2: Connect via ip address, silahkan catat alamat ip address yang terlihat.

c. Buka browser di komputer anda, kemudian ketikan alamat tersebut misal : http:192.168.43.1:8888, biasanya hp android anda akan meminta konfirmasi, silahkan buka hp android anda lalu lakukan konfirmasi yang diminta.

Jika antara komputer dan hp android anda sudah terhubung, maka anda bisa melihat tampilan seperti gambar di bawah ini:

Menu-menu tersebut bisa anda gunakan untuk mengakses hp android anda dan mengendalikan hp android anda secara remote.

Demikian tentang cara Cara Mudah Remote HP Android dari Komputer PC atau laptop dengan Air Droid, semoga bermanfaat. Silahkan Share.

Bagaimana Pendapatmu ?
W3.CSS

Berita Trending Pilihan

Loading...

About the author

izmirazi

Leave a Comment

>