free webpage hit counter
Tips-Tips

Cara Menabung Hemat Dengan Gaji Pas-pasan

cara menabung hemat

Artikel Pilihan

Jika kamu sudah bekerja keras, pergi pagi dan pulang malam namun gaji kamu hanya sekedar numpang lewat saja, alangkah baiknya kamu mengelola gaji kamu agar bisa disisihkan untuk ditabung.

JIka hal itu terjadi pada kamu setiap bulan, artinya ada yang salah dari kamu dalam mengelola gaji dan uang. Nah, jadi yang harus kamu lakukan agar tidak terjadi hal seperti itu adalah mengubah perilaku kamu dalam memperlakukan gaji .

Jika kamu ingin menabung dan berhemat, kamu harus ingat prinsip ini. Berapapun gaji yang kamu peroleh, harus bisa mengelola dan menghemat agar tidak cepat habis. Berikut ini ada tips bagaimana cara menabung hemat walaupun gaji kamu pas-pasan dan bukan hanya sekedar numpang lewat di ATM.

1. Jangan menunda alasan untuk menabung.

Kalau mindset kamu seperti itu, gak bakalan bisa memiliki tabungan.Jangan tunggu menabung dengan alasan jika naik gaji juga. Idealnya, jika anda menabung, sebaiknya minimal 10% dari gaji anda setiap bulannya.

cara menabung hemat

2. Jangan mengeluarkan uang untuk hal yang tidak penting

Bayangkan saja jika kamu berbelanja untuk hal yang tidak penting dan itu terjadi setiap bulannya, maka uang kamu habis gitu-gitu aja. Sebaiknya kamu harus fokus untuk kebutuhan primer kamu. Ada psikolog yang mengatakan “kebahagiaan manusia tidak terletak pada benda-benda yang mereka miliki”, dan itu benar-benar perlu direnungkan.

Jangan mengeluarkan uang untuk hal yang tidak penting

3. Jangan pernah gunakan kartu kredit untuk berbelanja, jika tidak mendesak.

Jika kamu berbelanja dengan kartu kredit, sebaiknya kamu harus bisa mengelola keuangan terlebih dahulu. Jangan pernah gunakan kartu kredit kalau kamu tidak bisa bayar hutangnya.

Jangan pernah gunakan kartu kredit untuk berbelanja

4. Buat pos pengeluaran dan disiplin jumlah yang dianggarkan.

Setelah menerima gaji, coba atur pos pengeluaran dengan sebuah amplop setiap bulannya. Begitu juga untuk biaya anggaran. Cara ini juga cukup ampuh agar bisa melihat pos pengeluaran mana yang paling menguras gaji anda.

Buat pos pengeluaran dan disiplin jumlah yang dianggarkan

5. Ubah mindset ketika menerima uang

Jika mindset kamu menerima uang hanya untuk berfoya-foya, maka lupakanlah untuk menabung. Kamu gak bakalan bisa menabung kalau untuk seperti itu. Uang itu ibarat seperti air. Jika tidak ditampung, maka akan bocor terus. Namun jika ditampung, maka akan terus penuh dan tumpah. Oleh karena itu, kamu harus pandai mengendalikannya agar air tersebut tidak bocor dan tidak tumpah. Seperti itu juga jika kamu mengelola uang.

Ubah mindset ketika menerima uang

Bagaimana Pendapatmu ?
W3.CSS

Berita Trending Pilihan

Loading...

About the author

izmirazi

Leave a Comment

>