free webpage hit counter
Miscellaneous

Cara Memprediksi Kondisi Cuaca Tanpa Gadget

Cara Memprediksi Kondisi Cuaca Tanpa Gadget

Artikel Pilihan

Cara Memprediksi Kondisi Cuaca Tanpa Gadget.

Sebenarnya ada cara alami memprediksi kondisi cuaca tanpa gadget. Tanpa bantuan gadget atau teknologi, kita bisa memprediksi kondisi cuaca yang akan terjadi di sekitar anda. Sehingga jika ada badai atau hujan deras datang, tentunya anda sudah tahu sebelumnya. Berikut ada beberapa tips cara memprediksi kondisi cuaca yang akan terjadi tanpa bantuan gadget anda.

1. Perhatikan Kondisi Awan

Jika awan menutupi langit malam pada musim dingin, maka berharap cuaca yang lebih hangat karena awan mencegah radiasi panas yang akan menurunkan suhu pada malam yang cerah

Awan Cumulus, Kemungkinan hujan di kemudian hari

Awan datang ke arah yang berbeda.Misalnya satu ke barat dan satunya lagi ke utara, maka cuaca buruk datang

Awan cumulonimbus. Sepanjang hari dari pagi sampai sore, kemungkinan besar cuaca buruk

Awan Mammatus , Badai yang akan datang menghilang (tidak jadi terbentuk)

Awan Cirrus, awan tinggi di langit ,maka cuaca buruk akan terjadi dalam dalam 36 jam berikutnya

Awan Altocumulus, cuaca buruk dalam 36 jam berikutnya. Ketika itu terjadi, hujan pasti akan mengikuti hari berikutnya

2. Perhatikan Kelembaban

Biasanya Orang bisa merasakan kelembaban, terutama di rambut mereka. Anda juga bisa melihat daun oak atau pohon di sekitar anda. Daun ini cenderung meringkuk di kelembaban tinggi, yang cenderung mendahului hujan lebat. Jika anda melihat pohon pinus, anda melihat sisik kerucut tetap tertutup jika kelembaban tinggi, dan akan terbuka di udara kering.

3. Lihat pelangi di Barat

Dominan badai besar datang dari arah barat ke timur. dan pelangi di bagian barat berarti kelembaban  berarti hujan sedang dalam perjalanan.
Di sisi lain, pelangi di arah timur , artinya matahari terbenam . Hal ini berarti bahwa hujan telah selesai dan anda hari selanjutnya kemungkina cerah. 

Ingat: Jika anda melihat Pelangi di pagi hari, maka anda harus waspada.

4. Ada pepatah nelayan lama mengatakan “Langit merah di malam hari, membuat Pelaut senang. Langit merah di pagi hari,membuat pelaut waspada”

Jika Anda melihat langit merah saat matahari terbenam, ada sistem tekanan tinggi dengan udara kering yang bercampur dengan partikel debu di udara, menyebabkan langit terlihat merah. Dan ini tentunya tidak masalah karena cuaca akan cerah berikutnya.

Jika Anda melihat langit merah di pagi hari (di timur, di mana matahari terbit) berarti udara kering dalam sudah pindah melewati Anda, dan selanjutnya anda waspada yang akan datang dalam perjalanan ke arah Anda karena sistem tekanan rendah yang membawa uap air. Dan kemungkinan cuaca buruk akan datang.

5. Perhatikan Kondisi Udara

Tanaman melepaskan pembuangan mereka dalam suasana tekanan rendah, menghasilkan bau seperti kompos dan mengindikasikan hujan akan datang

6. Lihat bulan di malam hari

Jika anda melihat bulan kemerahan atau pucat, maka ada debu di udara. Tetapi jika and melihat bulan terang dan fokus, mungkin karena tekanan yang rendah telah membersihkan debu dan tekanan rendah  dan itu berarti mengindikasikan akan hujan

7. Arah Angin

Anda bisa mendeteksi arah kemana angin bertiup. Angin timur dapat mengindikasikan badai ada didepan sedang menuju ke arah anda. Dan Angin barat sebaliknya. Angin kencang mengindikasikan perbedaan tekanan tinggi yang dapat menjadi tanda ada badai di depan anda.

8. Tingkah Laku Hewan

Jika burung terbang tinggi di langit, maka cuaca cerah. Kecuali jika badai akan datang, maka burung akan terbang rendah. Nomor Lafge burung bertengger di kabel listrik mengindikasikan cepat failling tekanan udara. Burung Camar cenderung berhenti terbang dan berlindung di pantai jika badai akan datang. Sapi biasanya akan berbaring sebelum badai datang dan juga cenderung tetap dekat bersama-sama jika cuaca buruk akan datang.

Semut membangun rumah mereka seperti bukit sebelum hujan akan datang. Kucing cenderung membersihkan belakang telinga mereka sebelum hujan. kura-kura sering mencari tempat yang lebih tinggi ketika sejumlah besar hujan yang akan datng. Anda akan sering melihat mereka di selama periode satu hingga dua hari sebelum hujan

Sekian info tentang bagaimana cara memprediksi kondisi cuaca tanpa gadget, tanpa teknologi. Setidaknya kita tahu dan mengerti apa saja tanda cuaca yang akan datang, apakah baik atau buruk tanpa harus tergantung dengan teknologi.

Bagaimana Pendapatmu ?
W3.CSS

Berita Trending Pilihan

Loading...

About the author

izmirazi

Leave a Comment

>