free webpage hit counter
Technology

Bonsai Solar Plant, Electree Mini Ramah Lingkungan Untuk Smartphone Kamu

bonsai solar plant

Artikel Pilihan

Alat ini bisa disebut Bonsai Solar Plant, dimana teknologi ini diinspirasi dari tanaman bonsai dan tanaman lainnya di alam. Aslinya nama alat ini adalah Electree Mini, yang berfungsi menyerap sinar matahari untuk menghasilkan energi yang terbaharui yaitu energi listrik. 

Alat ini berbentu pohon bonsai, setinggi 40 cm dan memiliki 27 daun sel surya yang berfungsi menyerap panas dari matahari dan dipakai lagi untuk mengisi ulang daya baterai smartphone kamu. Wah, cukup inovatif bukan ? Jika kamu ingin membeli alat ini tidak murah lho. Harganya dipasaran Amerika mencapai 450$.

bonsai solar plant

Sejarah terciptanya Electree Mini

Alat ini dirancang oleh Vivien Muller, terinspirasi ketika menggambar konsep energy saver dan mempostingnya dari internet. Kemudian banyak yang tertarik dari desain yang dibuat oleh Muller.

“Konsep Solar Tree yang terbaik untuk Solar Gadget Charger” – Gizmodo
“Cara unik dekoratif untuk Go Green” – Yanko Design
“Tanaman yang menarik tanpa harus disiram dan menopang gadget anda dengan tenaga matahari” – inhabit
“Desain modular sesuai dengan konsep alam yaitu pohon yang banyak disukai orang” – designboom

electree mini

Muller menghabiskan selama 2 tahun untuk mengembangkan alat ini. Dengan dibantu oleh insinyur elektronik, Muller berhasil membuat Electree Mini.

bonsai solar plant

bonsai solar plant

Komponen penting dari alat ini adalah sel fotovoltaik yang terdapat pada daun pohon ini. Untuk mendapatkan komponen tersebut, Muller memilih menggunakan PowerFilm, perusahaan Amerika yang berbasis di Iowa yang memproduksi solar sel yang ringan dan tipis. Electre Mini menyimpan daya ke dalam suatu baterai kecil. Kemudian dari baterai tersebut terhubung dengan perangkat kamu melalui kabel USB.

Penasaran lihat cara kerja dari alat ini ? Tonton videonya dibawah ini

Bagaimana Pendapatmu ?
W3.CSS

Berita Trending Pilihan

Loading...

About the author

izmirazi

Leave a Comment

>