free webpage hit counter
Kesehatan

Beragam Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat jahe untuk kesehatan

Artikel Pilihan

Khasiat tanaman herbal dalam menyembuhkan dan menjaga kesehatan tubuh dari berbagai macam penyakit sudah terbukti keampuhannya. Salah satu tanaman herbal yang bermanfaat untuk kesehatan adalah Jahe. Selain banyak dimanfaaatkan sebagai rempah-rempah bumbu masakan, jahe juga memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Selain banyak dijadikan sebagai bahan racikan dalam obat-obatan herbal. Jahe juga sudah banyak diolah untuk dijadikan minuman yang berkhasiat untuk menghangatkan badan. Ini karena berbagai kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh terdapat dalam tanaman ini.

manfaat jahe untuk kesehatan

Nah berikut ini beberapa manfaat jahe untuk kesehatan tubuh.

1. Mengatasi Masalah Pernafasan

Tanaman yang populer sebagai rempah-rempah ini ternyata sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit yang mengganggu pernafasan, seperti batuk dan pilek. Ini karena jahe termasuk jenis ekspektoran alami yang membantu untuk membersihkan sitem pernafasan dari berbagai macam virus dan bakteri.

2. Menghangatkan Tubuh

Jahe sudah banyak diolah untuk dijadikan minuman yang dapat menghangatkan tubuh. Ini karena jahe memiliki sifat hangat yang dapat meningkatkan suhu tubuh diatas normal. Jahe juga memiliki anti virus dan anti toksi yang berguna mempromosikan keringat yang membantu menyembuhkan batuk dan masuk angin. Jadi tidak mengherankan jika minuman olahan dari jahe menjadi minuman yang umum dikonsumsi oleh penduduk daerah pegunungan.

3. Mencegah Kanker

Selain dapat menghangatkan tubuh, jahe juga dapat bermanfaat untuk mencegah timbulnya kanker. Ekstrak jahe dapat membantu menekan petumbuhan sel kanker yang menyebar di dalam tubuh. Khasiat ini berasal dari kandungan nutrisi yang terkandung dalam jahe. Berbagai kanker dapat dicegah dengan ekstrak jahe seperti kanker kulit, kanker pangkreas, kanker ginjal dan kanker paru-paru.

4. Mengatasi Kulit Berminyak

Selain dapat bermanfaat untuk mengobati dan mencegah berbagai macam penyakit, jahe juga bermanfaat untuk perawatan kecantikan. Salah satunya adalah dapat mengurangi kulit berminyak. Mempunyai kulit yang berminyak dapat membuat minder dan mengurangi rasa percaya diri seseorang. Bahan mineral yang terkandung dalam jahe dipercaya dapat mengurangi kulit berminyak.

Berikut cara menggunakannya :

– Sediakan jahe parut, garam, bubuk pala dan bubuk kayu manis

– Campurkan bahan-bahan diatas menjadi satu

– Haluskan bahan-bahan tersebut dengan sedikit air hingga menjadi masker

– Oleskan masker jahe itu pada area muka yang berminyak

– Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air dingin

5. Menyembuhkan Rasa Nyeri dan Memar

Rasa nyeri dan memar bisa disebabkan karena jatuh atau karena benturan benda tumpul. Dengan memanfaatkan jahe dapat meredakan rasa nyeri dan memar. Ini karena senyawa yang terkandung dalam jahe dapat berguna sebagai anti inflamasi.

6. Menghilangkan Ketombe

Ketombe adalah pengelupasan kulit mati yang berlebihan di kulit kepala. Ketombe sudah menjadi hal yang umum dialami oleh sebagian besar orang. Nah, untuk menghilangkan ketombe ternyata bisa dengan menggunakan jahe. Ini karena rempah-rempah yang banyak dijadikan untuk obat-obatan tradisional ini mengandung senyawa yang dapat menyehatkan kulit kepala sehingga tidak menyebabkan ketombe.

Nah, ittulah beberapa manfaat jahe untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.Jahe yang biasanya dijadikan sebagai rempah-rempah untuk bumbu masakan ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit

Bagaimana Pendapatmu ?
W3.CSS

Berita Trending Pilihan

Loading...

About the author

izmirazi

Leave a Comment

>