free webpage hit counter
Story

Awal Bisnis Aburizal Bakrie, Kisah Perjalanan Aburizal Bakrie Memulai Bisnis

Awal Bisnis Aburizal Bakrie, Kisah Perjalanan Aburizal Bakrie Memulai Bisnis

Artikel Pilihan

Awal Bisnis Aburizal Bakrie, Kisah Perjalanan Aburizal Bakrie Memulai Bisnis. Sejauh ini kita mengetahui Aburizal Bakrie sebagai satu diantara tokoh politik berpengaruh yang sempat juga jadi calon presiden pada pemilu th. 2004 silam. Terlebih dulu, lelaki kelahiran Jakarta 15 November 1946 ini juga dua kali menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang serta Industri (Kadin) periode 1994-1999 serta 1999-2004. Diluar itu, perjalanan politiknya sudah mengantarnya jadi Menko Perekonomian, serta setelah itu menjabat Menko Kesra periode 2004-2009.

Pada th. 2007, majalah Forbes Asia menobatkan Aburizal Bakrie sebagai orang paling kaya se-Indonesia serta se-Asia Tenggara. Hal semacam ini pastinya mengagetkan sekalian membanggakan lantaran gelar orang terkaya ini untuk pertama kalinya diperoleh oleh pribumi. Sampai kini gelar orang paling kaya senantiasa disabet oleh beberapa taipan atau non pribumi.

Awal Bisnis Aburizal Bakrie, Kisah Perjalanan Aburizal Bakrie Memulai Bisnis

Lelaki yang sering disapa Ical ini mempunyai bermacam sektor bisnis atau usaha yakni pertambangan batubara, perkebunan, minyak, property, telekomunikasi, serta mass media (TV One). Ical lalu memimpin Bakrie Group, satu grup usaha yang dirintis oleh mendiang ayahnya.

Usaha milik sang bapak ini bermula dari perdagangan rempah-rempah serta hasil perkebunan, terutama dari Propinsi Lampung. Dengan kepiawaiannya mengelola asset termasuk juga mengelola modal yang datang dari utang, Ical lalu membangun usaha demi usaha sampai menggurita bukan sekedar hanya perdagangan rempah serta perkebunan tetapi mulai merambah usaha properti, saham, telekomunikasi dan sebagainya.

Sebagian perusahaan Ical dengan beragam lini usaha salah satunya yaitu PT Bakrieland Development (bagian properti), PT Daya Mega Persada, PT Bakrie Sumatra Plantations (bagian perkebunan), PT Bakrie & Brothers serta PT Bakrie Telecom (bagian komunikasi). Bila Anda pernah mendengar satu perusahaan operator seluler Esia, perusahaan ini juga satu diantara bagian yang dipunyai oleh Ical.

Setiap entrepreneur mempunyai narasi sendiri sepanjang bangun usahanya. Suka duka dalam menggerakkan perusahaan jadi cerita menarik sendiri serta jadi ide untuk beberapa orang. Sebagai entrepreneur nasional yang pernah terdaftar sebagai orang paling kaya di Indonesia itu, Ical sempat juga alami jatuh bangun dalam mengelola bisnisnya.

Pada 1998, waktu berlangsung krisis ekonomi yg tidak cuma menempa Indonesia tetapi juga semua dunia, Ical alami kerugian yang begitu besar bahkan juga dililit utang triliunan rupiah. Walau sebenarnya, aset yang dipunyai cuma bernilai miliaran rupiah saja, tak itu saja, Ical juga memperoleh permasalahan dengan perbankan yang tak akan memercayainya.

Tetapi 10 th. lalu, yaitu pada th. 2007-2008, Ical bisa kembali bangkit bangun kembali kerajaan bisnisnya sampai pada akhirnya memperoleh penghargaan dari majalah Forbes serta Globe Asia. Lantaran terkecuali bisa keluar dari krisis yang menempa, perusahaan juga sukses membukukan kekayaan yang mengagumkan, bahkan juga majalah Globe Asia mencatat kekayaan Ical waktu itu meraih 9, 2 miliar dollar AS atau setara dengan 84, 6 triliun.

Walau sekarang ini satu diantara perusahaan Ical, PT Lapindo Brantas masihlah mempunyai permasalahan dengan semburan lumpur panas yang menenggelamkan sebagian lokasi di Sidoarjo, Jawa Timur, tetapi group perusahaan Bakrie masihlah tangguh serta usaha yang digerakkan seakan tak dipengaruhi dengan insiden itu.

Kenapa Ical bisa mempunyai bermacam sektor bisnis serta berhasil? Menurut beberapa analisa, hal semacam ini dikarenakan Ical begitu pintar membaca kesempatan serta saat dalam memutuskan. Kunci berhasil yang lain yaitu kepandaiannya mengelola manajemen bahkan juga tak segan-segan Ical merekrut tenaga professional dari dalam ataupun luar negeri untuk ada dalam top management perusahaan. Menurut pakar ekonomi Drajad Wibowo, Ical dapat memadukan tiga hal utama dalam pengelolaan usaha, yaitu keberuntungan, kepiawaian membaca pasar serta berhasil merajut kedekatan dengan lingkaran kekuasaan.

Ical sendiri pun mengakui, ada 7 prinsip yang dijalankannya sehingga dapat mencapai kesuksesan seperti yang ia raih saat ini, yakni :

1. Jangan pernah menyerah.

Semua orang pasti pernah mengalami kesulitan tapi orang yang sukses adalah mereka yang tidak pernah menyerah. Fainna ma al yusri yusron, wa inna ma al yusri yusron: dibalik setiap kesulitan, selalu ada jalan keluar.

2. Jangan pernah berhenti belajar, never stop learning.

Kunci kemajuan sebuah bangsa adalah ilmu pengetahuan, dan ia tidak mengenal usia karena ilmu pengetahuan akan selalu berkembang terus menerus.

3. Jangan berada dalam gelap dan jangan bawa dirimu dalam kegelapan.

Kegelapan disini dapat berarti narkoba, kegagalan yang terus berlanjut, kemalasan, pesimisme, ketidakdisiplinan dan lain-lain.

4. Jadilah yang terbaik.

Dimanapun Anda berada, jadilah yang terbaik, berikan yang terbaik, usahakan yang terbaik.

5. Entrepreneurship.

Kesuksesan seorang entrepreneur adalah kemauan, tekad, kesungguhan, dan kreatifitas, bukan besarnya modal, warisan atau pemberian orang. Sekecil apapun modal di tangan, ia akan menjadi besar dengan usaha yang sungguh-sungguh, pantang menyerah, penuh kreatifitas dan kemampuan inovatif. Percuma punya modal besar namun tidak dapat mengelola, akan habis sia-sia.

6. Networking.

Seorang entrepreneur harus memiliki jaringan perkawanan seluas-luasnya, bahkan sejak di usia muda. We never know what future we will have. Bersiaplah, bergaulah dengan banyak orang dan tingkatan status sosial dan pekerjaan. Buka kesempatan dengan mengenal semakin banyak orang di kalangan yang beragam.

7. Meyakini bantuan Allah akan datang manakala kita mau berusaha.

Bisnis yang baik adalah bisnis yang dapat mendekatkan kita kepada Allah baik dalam aktifitas bisnisnya maupun hasilnya yang dapat disedekahkan untuk membantu orang lain.

Demikianlah kisah sukses Aburizal Bakrie dalam suka dukanya membangun bisnis. Semoga 7 tips sukses beliau dapat memberikan inspirasi dan semangat bagi Anda yang sedang atau akan membangun usaha.

Bagaimana Pendapatmu ?
W3.CSS

Berita Trending Pilihan

Loading...

About the author

izmirazi

Leave a Comment

>