free webpage hit counter
Technology

7 Tempat Belajar Coding Dan Pemrograman Gratis

7 Tempat Belajar Coding Dan Pemrograman Gratis

Artikel Pilihan

7 Tempat Belajar Coding Dan Pemrograman Gratis

7 Tempat Belajar Coding Dan Pemrograman Gratis

Belajar coding memanglah menjenuhkan bagi yang sama sekali masih awam dengan dunia coding. Namun anda jangan khawatir. Anda bisa belajar coding dan bahasa pemrograman melalui tempat dibawah ini.  

Sebelum itu, kita akan bahas apa saja manfaat bagi anda yang bisa melakukan belajar coding dan bahasa pemrograman

  1. Mampu membuat website sendiri dari awal hingga selesai tanpa perlu bantuan dari luar
  2. Menghemat biaya ketika membuat project berbasis web. Karena anda tidak perlu menyewa orang dari luar seperti programmer, developer dan manajer IT
  3. Anda bebas berkreasi secara menyeluruh.

Selanjutnya bagi anda yang masih awam dengan bahas pemrograman dan ingin belajar coding dan pemrograman, maka disini tempat terbaik bagi anda untuk belajar coding dan pemrograman gratis

1. Harvard University’s CS50 class

Melalui Harvard University’s CS50 Class, anda akan dikenalkan secara gratis tentang pengantar ilmu komputer yang diadjarkan oleh David J. Malan, dengan fokus pada bahasa pemrograman: C, PHP, dan JavaScript ditambah SQL, CSS, dan HTML.
Anda akan diajari : 

  • Seluk beluk pemrograman
  • Cara berpikir algoritma
  • Konsep dasar termasuk algoritma, enkapsulasi, keamanan dan pengembangan web

Setelah berhasil menyelesaikan kursus, maka anda dapat membayar $90 untuk menerima sertifikat

2. Code.org

Di Code.org, anda akan mempelajari dasar dasar ilmu komputer melalui drag and drop, dan dengan fitur pembelajaran yang menarik.  Dengan tutorial yang dipelajari secara mandiri, lengkap dengan pembimbing yang terkenal di dunia pemrograman, anda dapat menyelesaikannya dengan cepat. Puluhan juta peserta mengikuti tutorial ini dan di akses secara gratis baik tutorial video maupun audio yang telah disediakan.

3. Code School

Code School merupakan tempat dimana anda belajar coding, pemrograman dan keterampilan yang terkait. Anda bisa memilih skill yang anda inginkan seperti Ruby, HTML/CSS, Javacript, dan masih banyak lagi

4. Free Code Camp

Free Code Camp menawarkan cara unik untuk belajar coding dengan melakukan beberapa hal yang unik. Pembimbing mengajarkan siswa dari dasar hingga tingkat mahir membangun proyek-proyek organisasi nirlaba. Ada 4 tahap yang harus dilakukan yaitu :

  • Bergabung bersama komunitas
  • Bekerja sama untuk menghadapi tantangan coding
  • Membuat aplikasi
  • Support organisasi nirlaba dengan menyediakan source code

5. Dash by General Assemble

Untuk yang masih pemula, Dash by General Assemble merupakan pilihan utama. Disini anda diajarkan HTML, CSS dan Javascript melalui kegiatan seperti browsing dan latihan lainnya.

6. Code Conquest

Secara garis besar, langkah awal pertama masuk ke dunia coding merupakan tantangan. Code Conquest menawarkan anda panduan gratis secara online untuk pemula, sehingga dapat membantu anda untuk masuk ke tahap selanjutnya. Tutorial awal yang diberikan seperti :

  • Mempelajari dasar coding
  • Menyelesaikan coding dari tutorial yang disediakan
  • Mempelajari bahasa coding tertentu
  • Memilih latihan coding dan pemrograman yang terbaik bagi anda.

7. TheCode Player

TheCode Player akan menampilkan beberapa hal secara detail kepada anda bagaimana website dan aplikasi dibangun dari awal. Setiap pembelajaran disediakan lengkap dengan video dan penjelasannya secara mendalam.

Bagaimana Pendapatmu ?
W3.CSS

Berita Trending Pilihan

Loading...

About the author

izmirazi

Leave a Comment

>