free webpage hit counter
Miscellaneous

12 Kesalahan Serius Dalam Mendesain Website atau Blog

12 kesalahan serius dalam mendesain website atau blog

Artikel Pilihan

12 Kesalahan Serius Dalam Mendesain Website atau Blog

Ketika mendesain atau merancang sebuah website atau blog, faktor utama yang harus diperhatikan adalah layout atau tampilan dari website atau blog yang kita desain. Adakalanya, desain website atau blog yang kita rancang tidak menarik pengunjung sehingga pengunjung tidak betah berlama-lama di website/blog anda. Ini merupakan kesalahan serius karena faktor utama agar website kita dikunjungi banyak pengunjung adalah menarik atau tidaknya desain website atau blog yang kita buat. 

Ketika website atau blog kita dikhususkan untuk jualan, hal ini sangatlah penting. Karena apa ? Karena tujuan anda adalah untuk jualan. Pertama sekali yang dilihat itu adalah tampilan layout website/blog anda. Jika menarik, tentunya pengunjung betah lama-lama di website anda.

Oke langsung ke topik inti kita adalah, apa saja kesalahan serius dalam mendesain sebuah website ? Ada 12 kesalahan  serius dalam mendesain website atau blog. Tentunya sang admin website/blog harus memikirkan hal ini :

1. Struktur layout yang membingungkan.

Usahakan struktur layout website atau blog dibuat semudah mungkin dibaca oleh pengunjung. Ini penting karena menunjukkan identitas pemilik website atau blog, sejauh mana sang pemilik memberikan informasi yang menarik bagi pengunjung. 

2. Tema website anda tidak tepat pada target audience.

Jika website anda khusus untuk jualan mobil, usahakan tema website anda juga bertemakan mobil atau otomotif. Penting agar tema website  yang berbicara kepada target audience anda.

3. Warna website anda tidak enak dipandang oleh pengunjung

Jangan gunakan terlalu banyak warna yang mencolok pada website anda. Usahakan gunakan 3 hingga 4 warna saja baik untuk homepage dan isinya. Terkadang pengunjung merasa risih jika warna website yang anda gunakan berlebihan.

4. Konten/isi dari website atau blog anda sulit dibaca

Pergunakanlah Bahasa Indonesia yang baik dan benar, perhatikan titik dan koma, struktur paragraf dan beberapa gambar yang mendukung konten atau isi website/blog anda. Jika anda menempatkan kata yang mengandung hyperlink, usahakan bisa dibuka dan bukan url palsu.

5. Tidak memiliki tombol Social Sharing / Social Sharing Buttons

Jika pengunjung merasa tertarik dengan konten / isi website anda, tentunya ada pengunjung yang share ke social media yang mereka miliki.Maka, ini wajib anda miliki.

6.  Informasi kontak yang tidak jelas

Jika website/atau blog anda khusus untuk jualan, usahakan anda harus memberikan informasi kontak anda dengan jelas. Buat halaman khusus untuk hal ini dan letakkan di posisi yang enak dilihat.

7. Menu pencarian susah ditemukan.

Adakalanya pengunjung pernah datang ke website anda, pernah membaca suatu artikel yang menarik dan ketika pengunjung datang lagi mengunjungi website anda, artikel anda mungkin sudah jauh diposisi bawah. Nah, tentunya, pengunjung memanfaatkan menu Search untuk mencari artikel tersebut. Tempatkan menu Search di pojok atas kanan, biasanya diposisi itu yang mudah ditemukan oleh pengunjung

8. Anda tidak peduli dengan link yang broken pada website anda

Rutin untuk cek apakah semua link url yang terhubung ke website/blog anda aktif atau tidak, baik itu di header, sidebar,main page hingga footer. 

9. Menggunakan kualitas gambar yang buruk.

Jika konten/isi website anda memiliki gambar, usahakan gambar tersebut jelas dilihat dan tidak buram. Jika memang tidak memiliki gambar, sebaiknya tidak usah digunakan.

10 Menggunakan pop up ads atau sejenis iklan lainnya.

Pengunjung risih dengan iklan, apalagi yang pop up. Nah jika anda ingin menempatkan iklan, jangan dibuat pop up. Usahakan di posisi sidebar atau ditempat yang tidak membuat risih pengunjung

11 Musik/Video playing otomatis

Jika anda memasukkan fitur playing otomatis audio/video,dibuat off untuk defaultnya. Biar pengunjung yang mengaktifkan sendiri fitur ini. 

12. Website/Blog anda hanya bisa dilihat di Internet Explorer.

Buat website/blog anda tidak hanya support IE saja, melainkan browser lain seperti Chrome, Mozilla,Safari dan browser lainnya. Dan jangan lupa juga, website anda harus responsive, agar bisa dilihat di browser mobile. 

Itu saja beberapa kesalahan yang cukup serius dalam mendesain website atau blog. Ingat, desain interface dibuat untuk menarik pengunjung dan informasi/konten dari website juga penting. Karena tujuan pengunjung datang untuk mencari informasi yang mereka inginkan.

 

Bagaimana Pendapatmu ?
W3.CSS

Berita Trending Pilihan

Loading...

About the author

izmirazi

Leave a Comment

>